Senin, 06 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 15 Oktober 2018 | 08:00 WIB

Hitekno.com - Facebook baru memperkenalkan fitur baru yang ditujukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Yang diperkenalkan Facebook ini adalah fitur foto 3D.

Fitur foto 3D mampu meberikan efek 3D ke dalam foto dua dimensi. Fitur ini sudah dapat dinikmati pengguna di news feed.

''Hari ini kami mulai menggulirkan foto 3D, cara baru untuk berbagi kenangan dan momen di news feed dan VR. Foto 3D menghidupkan adegan dengan kedalaman dan gerakan,'' tulis keterangan Facebook di blog perusahaan.

Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Simon)

Fitur foto 3D di Facebook dapat tercipta dengan bantuan teknologi depth maps yang biasanya terdapat di ponsel dengan kamera ganda. Foto yang diambil kemudian dimodifikasi untuk menciptakan gambar yang lebih realistis.

Sayangnya, tidak semua ponsel bisa mengunggah foto 3D di Facebook. Sejauh ini, baru iPhone dengan kamera ganda yang dapat membuat foto dengan model seperti ini.

Selain di ponsel, Facebook mengatakan foto 3D juga dapat dinikmati pengguna di perangkat VR, seperti Oculus Go dan Oculus Rift.

Fitur foto 3D sudah direncanakan Facebook sejak konferensi F8 pada Mei. Fitur ini ditujukan untuk membuat ruang 3D dari sebuah foto pribadi.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Facebook Gulirkan Fitur Foto 3D, Apa Fungsinya?.

BACA SELANJUTNYA

Susul Twitter dan Medsos Lain, Gmail Akhirnya Ikut Pakai Fitur Centang Biru