Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 28 Oktober 2018 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pakai smartphone Android RAM 4 GB masih kurang, RAM 6 GB tanggung? Pasti cari smartphone Android RAM 8 GB yang ada di pasaran?

Banyak yang menyangka RAM besar pasti ngebut, padahal tidak. RAM lebih banyak berpengaruh kemampuan menjalankan aplikasi bersamaan di background.

Di pasaran sendiri sudah bertebaran smartphone Android RAM 8 GB. Baik itu dipasarkan secara resmi oleh perwakilan atau distributor, atau oleh importir.

Berikut ini rekomendasi 10 smartphone Android RAM 8 GB yang sudah bisa kamu dapatkan di pasaran.

1. OnePlus 6

OnePlus 6. (oneplus.com)

Walau tidak hadir resmi ke Indonesia, OnePlus 6 banyak bertebaran. Kamu bisa mendapatkan di kisaran harga Rp 7,2 jutaan untuk versi RAM 8 GB + 128 GB.

Merek OnePlus selama ini berfokus pada smartphone kelas atas namun dengan harga sesuai. Performa tinggi, kaya fitur ala fligship namun harga sesuai.

Ditenagai Qualcomm Snapdragon 845, kamera belakang ganda 16 MP + 20 MP dan kamera selfie 16 MP. Menjalankan Android 8.1 Oreo OnePlus 6 bakal dapat Android 9 Pie.

2. Vivo NEX S

Vivo NEX S. (Vivo)

Hadir dengan kamera pop-up mungil di atas dan sensor sidik jadi di balik layar, Vivo Nex S bertebaran di pasar dengan harga kisaran Rp 13 jutaan.

Menjalankan Funtouch OS 4 berbasis Android 8.1 Oreo, Vivo NEX S ini hadir dengan kamera utama ganda 12 MP + 5 MP. Lalu kamera selfie 8 MP pop-up.

Mengandalkan Qualcomm Snapdragon 845, smartphone Android RAM 8 GB ini jadi flagship Vivo.

3. Asus Zenfone 5z

Asus Zenfone 5z. (Amazon)

Sempat jadi barang ghoib, kini Asus Zenfone 5z sudah bisa didapatkan di retail resmi. Smartphone flagship Asus ini punya versi Ram 8 GB dengan harga Rp 7,8 jutaan.

Mengandalkan Qualcomm Snapdragon 845, menjalankan ZenUI berbasis Android 8.0 Oreo. Kamera belakang ganda 12 MP + 8 MP dan kamera selfie 8 MP.

4. Oppo Find X

OPPO Find X. (Oppo)

Sejak awal diluncurkan, Oppo Find X jadi pesaing utama Vivo NEX S. Mengandalkan kamera slider, smartphone ini bisa dihargai sekitar Rp 12 jutaan hingga Rp 13 jutaan.

Mengandalkan Qualcomm Snapdragon 845, Oppo Find X juga menawarkan quick charger super cepat. Sayangnya cukup meragukan dalam hal kekuatan bodinya.

5. Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9. (Samsung)

Sudah tidak diragukan lagi, smartphone flagship Samsung ini pasti banyak diminati. Samsung Galaxy Note 9 punya fitur stylus pen yang bukan sekadar untuk menulis saja.

Ada dua versi chipset yang dipakai smartphone Android RAM 8 GB ini, Exynos 9810 dan Qualcomm Snapdragon 845. Untuk di pasar Indonesia, Samsung Galaxy Note 9 hadir dengan chipset Exynos 9810.

Soal flagship Samsung, tak perlu bahas spesifikasi. Pasti sudah tertinggi di kelasnya. Samsung Galaxy Note 9 versi RAM 8 GB + 512 GB dihargai Rp 16,2 jutaan.

6. Xiaomi Mi 8 Explorer

Xiaomi Mi 8 Explorer Edition. (Mi.com)

Xiaomi Indonesia memang tidak secara resmi bawa smartphone ini ke Tanah Air, tapi beragam versi Mi 8 mudah ditemukan di pasaran.

Memakai MIUI 9.5 yang bisa upgrade ke MIUI 10 dan berbasis Android 8.1 Oreo. Mengusung kamera belakang ganda 12 MP + 12 MP dan kamera selfie 20 MP.

Mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 845, Xiaomi Mi 8 bisa kamu dapatkan dengann harga Rp 10 jutaan. aksen transparan di belakang, memang transparan tapi tipu-tipu.

7. Xiaomi Mi Mix 2s

Xiaomi Mi Mix 2s. (mi.com)

Yang tak mau Mi 8 Explorer, ada Xiaomi Mi Mix 2s dengan layar lebar dan peletakan kamera unik. Kamera selfie 5 MP diletakkan di bagian dagu atau bawah smartphone.

Untuk kamera belakang, mengusung kamera ganda 12 MP + 12 MP. Menjalankan MIUI 10 berbasis Android 8.0 Oreo dengan chipset Qualcomm Snapdragon 845.

Xiaomi Mi Mix 2s versi RAM 8 GB + 256 GB memang tidak resmi dihadirkan Xiaomi Indonesia. Namun kamu bisa mendapatkan di pasaran seharga Rp 10 jutaan.

8. Xiaomi Black Shark

Xiaomi Black Shark

Untuk yang cari smartphone gaming terkencang, namun males nunggu Asus ROG phone kelamaan, ada Xiaomi Black Shark. Smartphone pernah menduduki peringkat teratas AnTuTu Benchmark.

Performa Xiaomi Black Shark tidak perlu diragukan lagi pasti negbut abis. Karena dioptimalkan untuk bermain game dengan grafis tertinggi.

Xiaomi Indonesia tidak secara resmi bawa smartphone ini ke Tanah Air. Namun kamu bisa mendapatkannya mulai dari Rp 7 jutaan.

Harga ini kemungkinan akan turun, karena versi terbaru Xiaomi Black Shark Helo sudah dirilis di Cina. Tunggu saja penurunan harganya.

9. OnePlus 5T

OnePlus 5T. (oneplus)

Memang tidak resmi datang ke Tanah Air dan dirilisnya sejak 2017 lalu, namun smartphone ini cukup rekomended. Dan pastinya smartphone OnePlus mengincar pasar high-end.

Masih memakai Android 7.1.1 Nougat yang bisa diupgrade ke Android 8.1 Oreo. Masih memakai Qualcomm Snapdragon 835 yang masih bisa bersaing di 2018.

Untuk saat ini, kamu bisa mendapatkan OnePlus 5T dengan harga mulai dari Rp 6 jutaan. Untuk smartphone mantan flagship dengan RAM 8 GB, nampaknya masih pantas.

10. Realme 2 Pro

Realme 2 Pro. (Realme.com)

Smartphone Android RAM 8 GB tidak harus flagship mahal. Ada Realme 2 Pro yang sebenarnya ditargetkan untuk pasar mid-end dengan mengusung Qualcomm Snapdragon 660.

Hanya dengan harga Rp 4 jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan Ralme 2 Pro versi Ram 8 GB + 128 GB. Langsung saja cari smartphone ini secara online.

Inilah smartphone Android RAM 8 GB rekomendasi Hitekno yang sudah bisa kamu temukan di pasar.

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Pengguna Android Berbondong-bondong Pindah ke iPhone? Begini Kata Riset