Jum'at, 03 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 06 November 2018 | 19:30 WIB

Hitekno.com - Kecintaannya terhadap dunia fotografi membuat seorang fotografer asal Prancis bernama Mathieu Stern menciptakan lensa kamera yang terbuat dari es berusia 10.000 tahun. Proses pembuatan lensa ini sendiri memakan waktu lebih dari enam bulan lamanya.

Demi karyanya, fotografer sekaligus YouTuber ini membutuhkan es yang sudah dimurnikan selama 10.000 tahun. Es yang dimurnikan ini nantinya akan menghasilkan lensa yang super jernih layaknya lensa kamera pada umumnya.

Untuk membuat lensa dari es berusia 10.000 tahun, Mathieu membuat bingkai dengan menggunakan 3D printer. Bingkai ini yang nantinya akan membungkus lensa tersebut.

Lensa dari es 10.000 tahun. (youtube/Mathieu Stern)

Setelah membuat bingkai, ia lalu pergi ke Danau Jokulsarlon di Islandia untuk menemukan es berusia 10.000 tahun. Danau Jokulsarlon ini merupakan danau glasial terbesar di Islandia.

Sudah melengkapkan dirinya dengan cetakan es yang dimodifikasi, Mathieu lalu mengolah dan membentuk es menjadi setengah bola yang menyerupai lensa.

Bukan hal yang mudah untuk membentuk es menjadi lensa kamera. Mathieu bahkan membutuhkan lima kali percobaan selama lima jam hingga akhirnya berhasil mendapatkan lensa es yang tidak pecah dan berbentuk sempurna di dalam bingkai.

Menggunakan karyanya, Mathieu lalu mencoba untuk merekam video dan mengambil beberapa foto. Hasilnya ia bagikan ke akun YouTube pribadinya.

Lensa dari es 10.000 tahun. (youtube/Mathieu Stern)

Hasil foto dan video ini membuat tampilan yang membiaskan cahaya dan memberikan efek buram yang super keren.

Walaupun tidak tajam dan bersih layaknya lensa pada umumnya, hasil foto dari lensa buatan ini benar-benar memiliki keunikannya tersendiri. Mathieu menjelaskan bahwa idenya ini sudah ada sejak 2 tahun yang lalu.

Sejauh ini, video saat dirinya menciptakan lensa dari es berusia 10.000 tahun ini sudah ditonton sebanyak 85.140 kali. Menarik?

BACA SELANJUTNYA

Daftar YouTuber Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi 2023