Kamis, 07 Juli 2022
Agung Pratnyawan : Jum'at, 09 November 2018 | 22:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dalam Android Developer Summit, Google mengungkap cara baru untuk membantu baterai samrtphone tahan lama. Yaitu dengan fitur Night Mode.

Menurut Google, fitur Night Mode ini sangat ampuh dalam membantu baterai smartphone tahan lama. Kenapa bisa demikian? Seberapa ampuhkan fitur ini?

Seperti diketahui, layar adalah salah satu bagian smartphone yang menyedot banyak daya baterai. Terutama untuk menghasilkan layar yang terang, butuh lebih banyak daya.

Google Pixel. (Amazon)

Google pun memberikan perbandingan konsumsi baterai yang dipakai untuk layar antara smartphone Google Pixel dan Apple iPhone 7.

Google Pixel sendiri memakai layar AMOLED, sedangkan iPhone 7 memakai layar LCD. Pemakaian daya untuk layar keduanya dibandingkan dalam mengakses Google Maps.

Pada keadaan normal, layar Google Pixel akan memakan daya hingga 250 mA. Sedangkan iPhone 7 dalam mode normal memakan daya 230 mA.

Namun ketika Night Mode dinyalakan, hasilnya berbeda. Layar Google Pixel hanya memakai daya 92 mA saja. 63 persen lebih hemat daya.

Night Mode membantu baterai smartphone tahan lama. (slashgear)

Kuncinya bukan sekadar mengurangi brightness dan membuat semua jadi gelap saja. Namun ternyata warna juga berpengaruh dalam membantu baterai smartphone tahan lama.

Beberapa warna membutuhkan daya yang lebih besar di banding lainnya. Namun memang warna putih paling membutuhkan daya terbesar.

Berbeda warna berbeda konsumsi daya. (slashgear)

 

Warna putih paling banyak memakan daya. (slashgear)

Google pun menyadari kalau pemilihan warna putih sebagai default mereka adalah kesalahan. Lihat saja aplikasi Google didominasi banyak latar berwarna putih.

Karena itulah Google menghadirkan Night Mode yang dipercaya dapat menghemat baterai smartphone. Dengan warna gelap ini dipercaya bisa menghemat konsumsi daya hingga 60 persen.

Sayangnya Night Mode dari Google ini lebih berdampak pada layar bertipe OLED seperti AMOLED. Tidak berdampak signifikan kepada layar jenis LCD.

Night Mode membantu baterai smartphone tahan lama. (slashgear)

Nampaknya dari temuan ini, Google akan mengubah guideline untuk Material desain yang mereka populerkan. Terutama untuk smartphone berlayar OLED.

Kita tunggu saja, apakah Night Mode ini benar diimplementasikan ke banyak aplikasi. Dan sampai sejauh mana membuat baterai smartphone tahan lama.

BACA SELANJUTNYA

Jangan Panik, Ini Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus