Minggu, 21 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 26 November 2018 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi perlahan mulai banyak menghadirkan deretan smartphone seri Mi ke Tanah Air. Yang terbaru adalah Xiaomi Mi 8 Lite.

Kehadiran Xiaomi Mi 8 Lite ke tanah air ini bukan cuma jadi lawan brand lain, namun juga jadi kompetitor produk Xiaomi sendiri.

Di harga Rp 3 jutaan, sudah ada Xiaomi Mi A2. Lalu untuk apa Xiaomi mendatangkan Mi 8 Lite dengan harga yang sama? Kan bikin bingung mau pilih mana.

Buat yang mencari smartphone dengan budget Rp 3 jutaan, mending pilih Xiaomi Mi 8 Lite atau Xiaomi Mi A2 ini? Bagaimana kalau kita bandingkan saja.

Berikut ini perbandingan Xiaomi Mi 8 Lite vs Xiaomi Mi A2 dari sisi spesifikasi dan fitur yang dimiliki.

Dapur Pacu

Chipset Qualcom Snapdragon 660 yang diusung Xiaomi Mi 8 Lite. (Mi.com)

Dari segi dapur pacu, keduanya memakai chipset yang sama. Yaitu Qualcomm Snapdragon 660 berisi CPU octa-core dan GPU Adreno 512.

Keduanya juga sama-sama memiliki konfigurasi RAM 4 GB dan internal memori 64 GB. Lalu apa dong berbedaan Xiaomi Mi 8 Lite vs Xiaomi Mi A2 ini?

Dari segi dapur pacu memang keduanya sama, performanya pun juga mirip-mirip. Fitur-fitur dan desain yang sangat berbeda antara kedua smartphone Xiaomi ini.

Sistem Operasi

MIUI vs Android One. (Mi Community)

Keduanya memang mengusung sistem operasi berbasis Android 8.1 Oreo. Hanya perbedaannya, Xiaomi Mi 8 Lite mengusung antar muka dari Xiaomi sendiri yaitu MIUI.

Sedangkan pada Xiaomi Mi A2 mengusung Android One, sistem antar muka Android buatan Google. Biasanya juga disebut stock Android.

Android One dikenal sebagai antar muka yang ringan dan kencang. Selain itu juga bersih, bahkan cukup bersih dari aplikasi bloatware.

Sedangkan MIUI banyak digemari karena ringan, dan desain yang elegan juga bersih. Namun disayangkan banyak iklan menghiasi aplikasi di MIUI.

Layar

Xiaomi Mi 8 Lite vs Xiaomi Mi A2. (Instagram/@xiaomiindonesia).

Xiaomi Mi 8 Lite mengusung layar IPS 6,26 inci dengan tipe IPS. Layar beresolusi Full HD+ dan berasio 19:9 ini dilengkapi notch atau poni di atas.

Sedangkan Xiaomi Mi A2 mengusung layar IPS 5,99 inci dengan resolusi Full HD+. Layar berasio 18:9 ini tidak dilengkapi dengan poni.

Jika dilihat sekilas, ukuran Xiaomi Mi A2 terlihat lebih besar. Namun Layar Xiaomi Mi 8 Lite lebih luas, karena perbedaan rasio layar ke body.

Body

Body belakang Xiaomi Mi 8 Lite vs Xiaomi Mi A2. (HiTekno.com)

Xiaomi Mi 8 Lite punya dimensi 156,4 x 75,8 x 7,5 mm. Dengan body belakang berbahan kaca yang mewah dan frame almunium di sekeliling.

Sedangkan Xiaomi Mi A2 memiliki dimensi 158,7 x 75,4 x 7,3 mm. Body smartphone ini berbahan almunium yang kokoh namun tetap ringan.

Xiaomi Mi 8 Lite tak hanya cantik di lihat, tapi material kaca di bagian belakangnya terasa lebih mewah dari bodi almunium Mi A2.

Namun ketipisan Xiaomi Mi A2 memang mencuri perhatian.
Dan bahan body almunium juga tidak riskan pecah ketika jatuh.

Kamera

Kamera belakang Xiaomi Mi 8 Lite vs Xiaomi Mi A2. (HiTekno.com)

Sisi kamera, Xiaomi Mi A2 nampak sedikit superior. Dengan kamera utama ganda 12 MP f/1.8 + 20 MP f/1.8. Kamera ini juga dilengkapi dengan gyro-EIS yang menjaga video tetap stabil.

Sedangkan Xiaomi Mi 8 Lite mengusung dual kamera 12 MP f/1.9 + 5 MP f/2.0, yang juga dilengkapi gyro-EIS. Konfigurasi kamera seperti ini banyak dipakai Xiaomi.

Sedangkan di kamera selfie, Xiaomi Mi 8 Lite memakai sensor 24 MP. Sedangkan Xiaomi Mi A2 mengusung sensor 20 MP f/2.2, tapi dilengkapi LED flash.

Baterai

Xiaomi Mi 8 Lite. (mi.com)

Xiaomi Mi A2 mengusung baterai berkapasitas 3.000 mAh yang dilengkapi Quick Charge 4.0. Namun kepala charger yang diberikan cuma support Quick Charge 3.0.

Sedangkan Xiaomi Mi 8 Lite memakai baterai berkapasitas 3.350 mAh. Dan dilengkapi dengan Quick Charge 3.0 baik charger maupun baterainya.

Namun soal keiritan baterai, banyak faktornya. Termasuk sistem antar muka MIUI yang dikenal irit. Namun Android One juga yang ringan tidak menyedot banyak daya.

Kelengkapan

Kelengkapan Xiaomi Mi A2. (Instagram/@xiaomiindonesia)

Apa perbedaan kelengkapan Xiaomi Mi 8 Lite vs Xiaomi Mi A2 ini? Keduanya sama-sama mengusung port USB Type-C bukan lagi micro USB.

Gara-gara keduanya tipis, harus mengorbankan jack audio 3,5 mm. Untungnya, Xiaomi Mi A2 memberikan adapter USB Type-c ke port 3,5 mm.

Bedanya, Xiaomi Mi A2 tidak mendukung slot micro SD. Sedangkan Xiaomi Mi 8 Lite sudah dual sim, masih tersedia dedicated slot micro SD.

Dengan kata lain, kapasita memori di Xiaomi Mi A2 tidak bisa ditambah. Sedangkan Xiaomi Mi 8 Lite masih ditambah melalui slot micro SD.

Yang lain, kurang lebih sama. Dari Bluetooth 5.0, sensor fingerprint di bagian belakang, kompas, dan beragam sensor standar lainnya.

Harga

Harga Xiaomi Mi 8 Lite vs Xiaomi Mi A2. (Mi.com)

Xiaomi Mi 8 Lite versi RAM 4 GB + 64 GB hadir dengan harga Rp 3.699.000. Sedangkan Xiaomi Mi A2 versi RAM 4 GB + 64 GB hadir dengan harga sama, Rp 3.699.000.

Ya, kedua smartphone Xiaomi ini hadir dengan konfigurasi memori dan harga yang sama. Makanya bikin bingung milih Xiaomi Mi 8 Lite vs Xiaomi Mi A2.

Kesimpulan

Xiaomi Mi 8 Lite vs Xiaomi Mi A2. (Instagram/@xiaomiindonesia)

Pastinya buat kamu penggemar stock Android atau Android One yang tidak mementingkan penampilan smartphone, cocok memilih Xiaomi Mi A2.

Bisa juga buat kamu yang tidak suka layar berponi dan mencari smartphone dengan kamera bagus di harga Rp 3 jutaan, pilihannya jatuh ke Xiaomi Mi A2.

Sedangkan buat kamu yang cari smartphone cantik dan performa tinggi tapi harga cuma Rp 3 jutaan, bisa memilih Xiaomi Mi 8 Lite.

Itulah tadi pembahasan Xiaomi Mi 8 Lite vs Xiaomi Mi A2. Mana yang jadi pilihanmu? Apapun pilihannya, jatuhnya Xiaomi lagi Xiaomi lagi.

BACA SELANJUTNYA

Redmi Note 13 Series Resmi Diluncurkan, Cek Seperti Apa Jajaran HP Baru Xiaomi Indonesia Ini