Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 03 Desember 2018 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perkembangan teknologi smartphone makin pesat, dan makin canggih saja. Tak hanya sekadar makin kencang, namun juga semakin beragam dalam menghadirkan fitur baru.

Perkembangan smartphone ini memang menarik untuk disimak. Semakin banyak teknologi canggih yang dikembangkan untuk smartphone demi memenuhi kebutuhan pengguna.

Pada awalnya teknologi baru ini akan hadir ke smaratphone kelas atas. Namun perlahan pasti akan diturunkan ke smartphone kelas di bawahnya.

Sebut saja Vivo 11 Pro yang membawa in-display fingerprint ke kelas mid-high. Lalu Vivo Y91 yang mengusung poni teardrop ke kelas low-end.

Dari sekian banyak teknologi baru yang bermunculan, tim HiTekno mengumpulkannya. Dan membuat prediksi, teknologi mana yang bakal populer di 2019 mendatang.

Berikut ini 5 teknologi smartphone yang diprediksi bakal populer selama 2019.

1. Smartphone lipat

Royole FlexiPai, smartphone lipat pertama di dunia. (GSMArena).

Royole FlexiPai diklaim sebagai produsen pertama yang mengeluarkan smartphone lipat. Jauh lebih dulu dibanding produsen ternama lainnya.

Namun produsen lain seperti Samsung, Huawei, Oppo, LG, dan Xiaomi juga siap merilis smartphone lipat di 2019. Dan smartphone ini bakal bertebaran di pasar.

2. Layar Infinity-O

Smartphone Prototipe Huawei. (Winfuture)

Samsung yang pertama memperkenalkan nama Infinity-O sebagai layar yang berlubang untuk meletakkan kamera. Teknologi ini bakal menggantikan poni atau notch.

Saatnya mengucapkan selamat tinggal pada poni. Huawei dan Lenovo telah menyiapkan smartphone dengan layar seperti ini. Bahkan bakal dirilis lebih dulu dari Samsung.

3. Dual display alias layar ganda

Nubia X. (Android Police)

Teknologi smartphone ini ungkin masih jarang ditemukan di pasar smartphone Tanah Air. Namun smartphone layar ganda mulai bertebaran di Cina dan siap untuk meng-global.

Seperti Yotaphone yang telah merilis sederet smartphone layar ganda. Lalu Nubia X, Cherry Mobile Taiji, lalu prototipe smartphone Vivo yang belum lama ini bocor.

4. Makin banyak kamera

Bocoran Nokia 9 pakai 5 kamera. (GSMArena)

Multi-camera memang bukan barang baru. Namun makin lama semakin banyak kamera yang ditanamkan di smartphone. Bukan cuma di kamera utama, tapi juga di kamera selfie.

Dual kamera selfie sudah semakin banyak. Kamera utama lebih gila lagi, Samsung 4 buah, Huawei 3 buah, Nokia 5 buah, dan paling gila LG 16 buah kamera.

5. Teknologi 5G

Verizon 5G Home. (VoIP Review)

2019 jadi peralihan dari teknologi 4G ke 5G. Di beberapa negara telah melakukan uji coba jaringan 5G. Seperti Amerika Serikat, Cina, Australia, dan Selandia Baru.

Dari sisi smartphone, para produsen telah menyiapkan smartphone 5G mereka di 2019. Hal ini karena menunggu ketersediaan modem 5G di akhir 2018.

Itulah lima teknologi smartphone yang diprediksi akan populer dan banyak dijumpai selama 2019. Mana yang jadi favoritmu?

BACA SELANJUTNYA

Fakta Menarik Christopher Nolan, Sutradara Oppenheimer yang Tak Mau Pakai Smartphone