Senin, 23 September 2019
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Kamis, 13 Desember 2018 | 16:00 WIB

Hitekno.com - Pengguna smarpthone tentu sudah tidak asing dengan merek asal Cina, Huawei. Perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi dan jaringan komunikasi terbesar ini perlahan-lahan mulai menguasai pasar smartphone, bersaing ketat hingga ditakuti merek lainnya dari Amerika dan Eropa. Lalu, kira-kira apa kekuatan rahasia Huawei sehingga begitu ditakuti?

Huawei Technologies ini didirikan pada 1988 oleh Ren Zhengfei. Awalnya perusahaan ini fokus pada penelitian dan pengembangan, serta produksi dan pemasaran telekomunikasi untuk menjadi solusi bagi operator telekomunikasi.

Cukup aktif di tahun 2018, Huawei sukses membawa perubahan besar melalui setiap perangkat smartphone yang dirilis. Tidak heran jika merek ini mudah mendapat hati konsumen di pasar smartphone.

Kesuksesan Huawei ini tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhi. Setidaknya 6 hal di bawah ini dapat disebut sebagai kekuatan rahasia Huawei di pasar smartphone.

1. Didirikan oleh Ren Zhengfei, mantan anggota militer Cina

Ren Zhengfei. (Wikipedia Commons/cellanr)

Melihat dari sejarah berdirinya, Huawei didirikan oleh Ren Zhengfei, pria kelahiran 25 Oktober 1944 yang saat ini sudah berusia 74 tahun.

Ren Zhengfei rupanya merupakan mantan anggota People Liberation Army (PLA) dalam teknologi militer. Usai keluar dari dunia militer, ia lalu mendirikan Huawei pada 1987 dan langsung menjabat sebagai Chief Executive Officer (CFO).

Latar belakang Ren Zhengfei ini membuatnya sering mengembangkan teknologi canggih untuk merek Huawei yang ia dirikan ini.

2. Punya karyawan inovatif

Logo Huawei. (Huawei)

Total jumlah karyawan Huawei adalah sebanyak 180.000 di seluruh penjuru dunia. Sebagian dari total ini ditugaskan untuk bekerja dalam divisi penelitian dan pengembangan. Divisi ini dianggap sebagai salah satu kunci Huawei mampu mencuri perhatian konsumennya hingga saat ini.

Tidak tanggung-tanggung, Huawei disebut-sebut memberikan anggaran sebanyak 10 persen dari total belanja modal tahunan untuk divisi penelitian dan pengembangannya.

Hal ini menjadi satu dari sekian rahasia kesuksesan Huawei dalam dunia produksi smartphone hingga hari ini.

3. Produsen smartphone terbesar kedua di dunia

Huawei Mate 20. (Huawei Indonesia)

Teknologi super canggih dari Huawei yang selalu hadir bersama dengan setiap perangkat smartphone yang dirilis sukses mengantar brand ini sebagai produsen smartphone terbesar kedua di dunia, mengalahkan Apple yang berjaya beberapa tahun ini.

Di urutan pertama, ada Samsung dengan 20.9 persen saham pasar karena sudah berhasil menjual 71.5 juta smartphone dalam kuartal ini. Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Apple.

Hal ini yang membuat beberapa pihak yakin jika Apple dibuat ketakutan oleh Huawei yang perlahan-lahan mulai mencuri perhatian pasar smartphone.

4. Sukses di Indonesia dan Asia Tenggara

Huawei Mate 20 X. (Huawei)

Tahun 2018 sepertinya menjadi tahun baik untuk Huawei. Kemunculannya di Indonesia membuat vendor smartphone asal Cina ini begitu diminati. Selain di Indonesia, brand ini juga sangat diterima baik di kawasan Asia Tenggara lainnya.

Selain merilis perangkat anyarnya di Indonesia, Huawei juga memasok jaringan untuk tiga operator besar tanah air, seperti Indosat, XL, dan Telkomsel.

Sukses dengan jaringan dan smartphone, Huawei juga berhasil memenangkan proyek turnkey untuk infrastruktur kabel bawah laut BDM (Batam-Dumai-Malaka) untuk menghubungkan Indonesia dengan Malaysia dengan menggunakan Huawei Marine Networks.

5. Dugaan Huawei adalah mata-mata Cina

Logo Huawei. (CNet/Oscar Gutierrez)

Belum lama ini, seorang petinggi Huawei ditangkap di Amerika Serikat dengan tuduhan terkait pemerintah Cina dan beberapa peralatan yang dimiliki.

Sejumlah agen intelijen Amerika Serikat percaya jika peralatan Huawei memiliki elemen 'mata-mata' yang mampu mengorek akses internal Amerika Serikat.

Karena hal ini, Huawei sudah mendapat larangan untuk tidak beredar di Amerika.

6. Perangkat super canggih dan mumpuni

Huawei Mate 20 Pro. (Huawei).

Di tahun 2018, Huawei cukup banyak membuat heboh dengan merilis berbagai perangkat super canggih dari merek ini.

Dimulai dengan Huawei Honor 9i hingga Honor 7X. Salah satu perangkat keren dari Huawei yang sukses unggul adalah Huawei Mate 20 Pro yang baru saja rilis pada bulan Oktober 2018 lalu.

Huawei Mate 20 Pro sukses mengungguli beberapa smartphone flagship lainnya seperti ROG Phone dengan skor AnTuTu mencapai angka 313.561.

Skor ini sukses melibas smartphone flagship seperti ROG Phone, Xiaomi Black Shark, Vivo Nex S, Oppo Find X, hingga Galaxy Note 9.

Menutup tahun 2018, sepertinya Huawei patut berbangga dengan perangkat-perangkat keren yang mampu membuatnya unggul dan ditakuti oleh Amerika Serikat dan Eropa.

Itu tadi deretan kekuatan rahasia Huawei yang membuatnya hingga saat ini perlahan-lahan akan menguasai pasar smartphone di Asia hingga dunia.