Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 21 Desember 2018 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Secara resmi, Asus telah merilis seri terbaru Zenfone Max Pro pada 11 Desember 2018. Asus Zenfone Max Pro M2 ini hadir sebagai smartphone dengan paket komplit.

Dengan mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 660, Asus Zenfone Max Pro M2 hadir untuk menggilas Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Dan sebagi pesaing utama Realme 2 Pro.

Smartphone Asus ini jadi update yang lengkap dari seri M1. Dua hal yang ditonjolkan dari Asus Zenfone Max Pro M2 ini adalah sisi gaming dan kameranya.

Asus banyak melakukan perbaikan di sisi kamera dibandingkan seri Zenfone Max Pro M1. Namun tetap mempertahankannya sebagai smartphone gaming.

Ini menjadikan Asus Zenfone Max Pro M2 sebagai smartphone dengan paket komplit. Memberikan banyak perbaikan, namun tidak meninggalkan yang keunggulan seri sebelumnya.

Asus ZenFone Max Pro M2. (HiTekno.com/Agung Pratnyawan)

Baca Juga: Lawan Xiaomi dan Realme, Ini Spesifikasi Asus Zenfone Max Pro M2

Berikut ini Review HiTekno.com mengenai Asus Zenfone Max Pro M2.

Body dan Desain

Asus Zenfone Max Pro M2. (HiTekno.com/Agung Pratnyawan)

Yang paling mencolok dari smartphone Asus ini adalah body belakangnya yang mengkilat. Terkesan mewah dan menarik perhatian seperti layaknya smartphone mahal.

Namun jangan salah, body belakang Asus Zenfone Max Pro M2 ini bukan terbuat dari kaca melainkan plastik polycarbonate.

Dilihat memang terkesan mewah seperti kaca, namun ketika digemgam akan terasa kalau ini plastik. Untungnya, Asus memberikan silikon case dalam penjualannya.

Asus Zenfone Max Pro M2. (HiTekno.com/Agung Pratnyawan)

Asus Zenfone Max Pro M2 memakai layar IPS berukuran 6,26 inci dengan poni dibagian atas. Poni yang dipakai cukup kecil tidak melebar, namun tidak sekecil teardrop.

Menariknya, poni ini tidak mengganggu saat membuka video fullscreen atau bermain game. Area aplikasi tetap akan di bawah poni, dan sekitar poni dibuat hitam.

Asus Zenfone Max Pro M2. (HiTekno.com/Agung Pratnyawan)

Dalam poni ini tempat bernaung sebuah kamera selfie dan ada lampu LED flash di sampingnya. Lekukannya pun cukup halus dan tidak mengganggu.

Kualitas layar ini tidak diragukan lagi dalam menampilkan gambar. Warna yang dikeluarkan memang tak setajam OLED, namun tetap terasa hidup dan cerah.

Layar Asus Zenfone Max Pro M2 memiliki resolusi 1080 x 2280 piksel atau dikenal dengan Full HD+. Dengan ratio 19:9 dan kepadatan piksel 403 ppi.

Asus ZenFone Max Pro M2. (Asus)

Takut kenapa-kenapa dengan layar ini? Tenang, Asus Zenfone Max Pro M2 memakai pelindung layar Corning Gorilla Glass 6.

Ukuran layar 6,26 inci terkesan cukup besar. Namun tenang saja, smartphone ini memanjang. Sehingga tidak menyulitkan untuk digenggam satu tangan.

Apa yang kamu temukan di Asus Zenfone Max Pro M2 ini? Semua tombol ada di bagian kanan, yaitu volume dan tombol kunci.

Di bagian atas kamu menemukan lubang microphone saja. Di sebelah kiri cuma ada tempat untuk slot micro SD dan SIM, tak ada yang lain.

Asus Zenfone Max Pro M2 mendukung dual sim dan dedicated micro SD slot. Sehingga kamu tetap bisa memakai dua kartu SIM kamu dan tetap memakai micro SD.

Asus ZenFone Max Pro M2. (Asus)

Di bagian bawah, kamu menemukan lubang micro USB di tengah dan lubang microphone. Sebelah kiri ada port jack Audio 3,5 mm dam di kanan ada lubang speaker.

Finishing di port-port dan lubang di bagian bawah Asus Zenfone Max Pro M2 ini cukup halus. Tidak usah khawatir bakal menggores tangan.

Di bagian belakang kamu akan menemukan sensor fingerprit, logo asus. Juga ada dua kamera berjejer secara vertikal dan lampu LED flash.

Dari segi desain, Asus Zenfone Max Pro M2 cantik dengan kesederhanaanya. Secara fungsional juga bagus dan nyaman dipakai.

Performa Asus Zenfone Max Pro M2 

Untuk pengujian performa, tim HiTekno.com melakukan secara synthetic benchmark maupun uji langsung dengan bermain game.

Asus Zenfone Max Pro M2 yang kami uji adalah versi RAM 4 GB dengan internal memori 64 GB. Karena versi RAM 6 GB belum tersedia di pasaran.

Dari AnTuTu Benchmark Asus Zenfone Max Pro M2 yang kami uji menghasilkan nilai 127716. Beda dengan klaim Asus yang tembus 130 ribu.

Hasil AnTuTu Benchmark Asus Zenfone Max Pro M2. (HiTekno.com)

Namun nilai ini cukuplah tinggi bagi smartphone di kelasnya. Hanya terpaut sedikit dari Realme 2 Pro yang tembus 130 ribu di AnTuTu Bencmark.

Lanjut ke Geekbench, Asus Zenfone Max Pro M2 ini punya nilai yang tinggi. 1466 untuk Single-Core score dan 5364 untuk pengujian Multi-Core Score.

Hasil Geekbench Asus Zenfone Max Pro M2. (HiTekno.com)

Lanjut ke PC Mark Work 2.0, Asus Zenfone Max Pro M2 menghasilkan nilai 5931 sedikit di bawah Vivo X23 yang memakai Snapdragon 670.

Untuk pengujian 3D Marks Sling Shot menghasilkan nilai 1851, lalu Sling Shot Extreme 1223. Sedangkan Sling Shot Extreme Vulkan menghasilkan 965.

Hasil 3DMark Sling Shot dan Sling Shot Extreme Asus ZenFone Max Pro M2. (HiTekno.com)

Jika angka-angka tersebut membingungkan, tenang saja. Kami juga menguji Asus Zenfone Max Pro M2 secara langsung melalui game.

Asus Zenfone Max Pro M2 dapat dengan lancar memainkan game PUBG Mobile. Game battle royale ini memberikan rekomendasi grafis balance dan frame rate medium.

Dengan settingan tersebut, kami tidak menemukan masalah sama sekali. PUBG Mobile dapat dipastikan berjalan lancar dan nyaman dimainkan.

Ketika diubah ke gradis HD dan frame rate high, PUBG Mobile masih bisa dimainkan dengan lancar. Tidak terasa frame drop maupun patah-patah.

Tim HiTekno.com juga mencoba Asus Zenfone Max Pro M2 dengan game Ragnarok M: Eternal Love. Game MMORP mobile ini selayaknya dimainkan dalam jangka waktu panjang.

Asus Zenfone Max Pro M2 memainkan Ragnarok M: Eternal Love. (HiTekno.com/Agung Pratnyawan)

Asus Zenfone Max Pro M2 tak punya masalah apapun ketika memainkan game ini. Bahkan kami coba memainkannya dua jam tanpa henti, smartphone Asus ini masih bisa menghandle dengan baik.

Untuk memainkan kedua game ini, Asus Zenfone Max Pro M2 nampak sedikit hangat. Namun bukan panas yang menakutkan, hanya sedikit hangat saja.

Suhu yang terasa hangat ada di bagian sekitar fingerprint sensor di bagian belakang. Kemungkinan besar tempat ini tersembunyi cipset Qualcomm Snapdragon 660 tersebut.

Ketika panas, respon layar pun tetap baik. tidak ditemukannya masalah pada multitouch dan responnya tetap terjaga walau bermain 2 jam.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini Beda Android One vs Stock Android

Dari segi performa, Asus Zenfone Max Pro M2 ini cukup memuaskan. Dari dua game berat yang kami coba, semua berjalan lancar dan memuaskan.

Daya Tahan Baterai Asus Zenfone Max Pro M2 

Ketahanan baterai Asus Zenfone Max Pro M2. (Asus)

Keunggulan Asus Zenfone Max Pro M1 sebelumnya adalah kapasitas baterai yang sangat besar. Baterai besar pun dipertahankan di Asus Zenfone Max Pro M2.

Smartphone Asus ini mengusung baterai berkapasitas 5.000 mAh. Asus mengklaim Asus Zenfone Max Pro M2 dapat bertahan dua hari.

Kami menguji Asus Zenfone Max Pro M2 sebagai smartphone sehari-hari. Dengan tinggkat penggunaan wajar untuk sosial media dan kadang-kadang main game.

Asus Zenfone Max Pro M2 ini memang luar biasa, bisa bertahan 2 hari. Seperti yang dijanjikan Asus, baterai smartphone ini bisa bertahan hingga dua hari.

Baterai Asus ZenFone Max Pro M2. (HiTekno.com)

Kami juga mencoba memainkan game Ragnarok M: Eternal Love lebih dari dua jam non-stop, baterai yang awalnya 80-an persen masih tersisa 60-an persen.

Yang disayangkan dari Asus Zenfone Max Pro M2 ini adalah belum dipakainya USB type-C. Sehingga kecepatan chargingnya belum bisa maksimal.

Kami mengisi baterai dari habis hingga penuh dalam kondisi Asus Zenfone Max Pro M2 dimatikan, membutuhkan waktu hampir 3 jam.

Lebih lanjut review kamera Asus Zenfone Max Pro M2 ada dihalaman berikutnya.

BACA SELANJUTNYA

CES 2024, ASUS Luncurkan PC Ultra Ringkas Terbaru