Selasa, 07 April 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 27 Desember 2018 | 16:00 WIB

Hitekno.com - Huawei menjadi raksasa baru di pasar smartphone 2018 ini. Penjualan smartphone Huawei dilaporkan terus mengalami peningkatan.

Bahkan menurut Nikkei Asian Review, penjualan smartphone Huawei tembus hingga 200 juta unit selama 2018 secara global. Angka ini meningkat 30 persen dari penjualan 2017.

Perkembangan raksasa Cina ini sungguhlah pesat. Diketahui, di 2017 Huawei mampu menjual smartphone hingga 153 juta unit.

Logo Huawei. (Huawei)

Dengan penjualan 200 juta unit di 2018 ini, menempatkan Huawei sebagai produsen smartphone terbesar kedua secara global setelah Samsung.

Angka penjualan smartphone Huawei ini juga telah melampaui angka penjualan iPhone. Smartphone Apple ini harus puas di bawah Huawei.

Angka penjualan sebesar ini dicapai Huawei di tengah tekanan dari AS. Seperti diketahui, AS memberlakukan banned untuk Huawei.

Walaupun tidak spesifik ke smartphone Huawei, beberapa negara pun mengikuti langkah AS. Seperti Kanada, Australia, Selandia Baru, dan menyusul Jepang.

Smartphone Prototipe Huawei. (Winfuture)

Walau demikian, penjualan smartphone Huawei terus meningkat di pasar Cina, Eropa, dan Afrika. Tak menutup kemungkinan pertumbuhan yang lebih pesat ke depannya.

Menurut laporan IDC, saat ini Huawei mengendalikan 10,4 persen pasar smartphone global. Samsung masih unggul memimpin pasar smartphone.

Kita tunggu saja seperti apa perkembangan penjualan smartphone Huawei di 2019. Akankah tersusul Apple atau malah makin mendekati Samsung?