Sabtu, 04 April 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 28 Desember 2018 | 10:00 WIB

Hitekno.com - Smartphone Nokia 9 PureView yang telah lama dinanti-nantikan akhirnya makin mendekati kenyataan. Smartphone flagship Nokia ini kabarnya telah siap untuk dirilis.

Sempat bocor beberapa penampakan Nokia 9 PureView di internet yang mengungkap smartphone ini memakai banyak kamera di bagian belakangnya.

Banyaknya kamera inilah yang membuat smartphone Nokia ini menarik perhatian banyak orang. Apalagi nama PureView yang disematkan.

Desain Nokia 9 PureView. (wccftech)

PureView sendiri adalah lini produk Nokia yang dilengkapi sistem kamera terbaik di eranya. Dan kini Nokia 9 PureView jadi smartphone andalan mereka.

Muncul kabar dari akun Twitter @nokia_anew mengenai peluncuran Nokia 9 PureView. Akun Twitter ini dikenal sering memberikan bocoran yang akurat mengenai smartphone Nokia.

Menurut akun Twitter ini, Nokia 9 PureView bakal hadir sebulan dari kabar yang dipostingkannya. Atau tepatnya akan hadir pada Januari 2019.

Nokia 9 PureView. (Twitter/@nokia_anew)

Nokia 9 PureView sendiri belum lama ini mendapatkan sertifikasi bluetooth dari SIG. Yang menandakan kalau smartphone Nokia ini siap untuk dirilis dalam waktu dekat.

Dilansir dari Gizmochina, Nokia 9 PureView ini bakal jadi smartphone flagship. Spesifikasi smartphone Nokia ini memang menarik untuk disimak.

Disebutkan kalau Nokia 9 PureView ini belum memakai chipset Qualcomm Snapdragon 855. Melainkan memakai Qualcomm Snapdragon 845.

Bocoran Nokia 9 pakai 5 kamera. (GSMArena)

Chipset ini akan dipadukan dengan RAM 8 GB, tapi tidak diketahui berapa memori internalnya. Namun untuk baterai, akan disematkan 4.150 mAh dengan wireless charging.

Untuk layarnya, diprediksi mirip dengan layar yang dipakai Nokia 8 Sirrocco yang memiliki aspek ratio 18:9 dan beresolusi Quad HD+.

Sedangkan menurut akun Twitter @nokia_anew, layar Nokia 9 PureView ini tidak memiliki notch atau poni. Di bagian atas hanya terdapat kamera selfie dan beberapa sensor.

Desain Nokia 9 PureView. (Twitter/@nokia_anew)

Muncul pula spekulasi kalau smartphone Nokia ini memakai in-display fingerprint scanner, alias sensor sidik jari di balik layarnya.

Yang disayangkan, tidak ada kabar mengenai jack audio 3,5 mm. Kemungkinan besar HMD Global tak memberikan port audio ini ke Nokia 9 PureView.

Untuk harga, Gizmochina memprediksi kalau smartphone Nokia 9 PureView ini ada di kisaran 900 dolar AS atau sebesar Rp 13 jutaan.

Kita tunggu saja pada Januari 2019, apakah benar Nokia 9 PureView ini dirilis seperti bocoran yang banyak beredar. Apakah smartphone Nokia ini jadi tonggak kebangkitannya?