Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 08 Januari 2019 | 10:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Huawei baru saja memperkenalkan prosesor server berbasis ARM. Yaitu Huawei Kunpeng 920 yang diklaimnya sebagai prosesor server berbasis ARM terkuat saat ini.

Prosesor ini diklaim mendapatkan peningkatan dalam sisi performa dan efisiensi untuk komputasi big data, penyimpanan terdistribusi, dan aplikasi ARM.

Huawei Kunpeng 920 sendiri adalah prosesor dengan 64 core yang berjalan pada kecepatan 2,6 GHz. Prosesor server ini sudah diproduksi dengan proses fabrikasi 7 nm.

Skema Huawei Kunpeng 920. (thetechrevolutionist)

Dengan proses fabrikasi 7 nm, diklaim meningkatkan performa per watt secara signifikan. Atau dengan kata lain, makin naik performanya tapi makin irit daya.

Huawei Kunpeng 920 yang berbasis arsitektur ARMv8 ini dapat mempercepat prediksi percabangan dalam sebuah algoritma.

Prosesor server ini diklaim Huawei memiliki performa 25 persen lebih baik dibanding yang lain. Juga diklaim 30 persen lebih efisien dalam pemakaian daya.

Huawei Kunpeng 920. (thetechrevolutionist)

Menariknya, Huawei Kunpeng 920 ini telah mendukung RAM DDR 4 hingga 8 channel. Pemakaian RAM 8 channel ini diklaim memiliki bandwith 46 persen lebih banyak.

Huawei Kunpeng 920 juga dilengkapi dukungan interface PCIe Gen 4 dan CCIX yang memiliki bandwith hingga 640 Gbps.

Nantinya, Huawei Kunpeng 920 ini akan dipakai dalam tiga varian TaiShan server. Yang salah satunya berfokus pada performa penyimpanan data.

Huawei Kunpeng 920 di pakai di server TaiShan. (thetechrevolutionist)

Prosesor server ini membuktikan kemampuan Huawei dalam memproduksi chip. Akankah Huawei Kunpeng 920 jadi penguasa kelas server?

BACA SELANJUTNYA

Huawei Watch GT 4 Resmi Dipasarkan di Indonesia, Cek Berapa Harga Smartwatch Ini