Selasa, 16 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 13 Januari 2019 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Asus ZenFone Max Pro M2 dirilis ke Tanah Air dengan tagline 'Next-Generation Gaming' yang membuatnya dikenal sebagai smartphone gaming.

Tapi apakah Asus ZenFone Max Pro M2 ini cocok untuk disebut smartphone gaming? Apakah gaming banget nih smartphone Asus?

Smartphone Asus ini punya performa yang kuat di kelasnya. Untuk di di range harganya, saat ini cuma Realme 2 Pro yang punya performa setingkat.

Asus ZenFone Max Pro M2 untuk bermain game. (HiTekno.com/Agung Pratnyawan)

Performa chipset Snapdragon 660 ini memang tak diragukan lagi untuk game. PUBG Mobile pun bisa jalan di grafis tinggi, tapi memang lebih lancar di medium.

Layar Asus ZenFone Max Pro M2 ini juga tidak mengecewakan. Walau punya harga terjangkau, responsif dan warna yang dihasilkan sangatlah bagus.

Walaupun layar smartphone ini memiliki notch atau poni, saat bermain game layar poni ini bukan jadi gangguan. Tidak menutupi layar dari game yang dimainkan.

Asus ZenFone Max Pro M2 untuk bermain game. (HiTekno.com/Agung Pratnyawan)

Baterai besar pun bisa membuat smartphone Asus ZenFone Max Pro M2 ini bertahan lama. Kalau buat main game tidak perlu bentar-bentar nge-charge.

Lalu apa yang membuat Asus ZenFone Max Pro M2 ini tak cocok disebut smartphone gaming? Ada 2 alasan yang membuatnya tak cocok disebut smartphone gaming

1. Kurang Dukungan Software

Asus ZenFone Max Pro M2 memang memakai stock Android yang ringan dan bersih. Namun sayangnya kurang dukungan software yang mendukung gaming.

Seperti smartphone Asus lainnya yang pakai ZenUI, tersedia aplikasi Game Genie. Aplikasi ini tak hanya mendongkrak performa smartphone untuk bermain game.

Asus Game Genie. (Google PlayStore)

Tak hanya berikan fitur boost, Game Genie juga memberikan fitur makro, live streaming, hingga screen recording. Termasuk untuk mode mematikan semua notifikasi.

Untungnya, Asus ZenFone Max Pro M2 ini masih punya mode 'Do Not Disturb' yang setidaknya tidak memunculkan notifikasi saat bermain game.

Mode Do Not Disturb di Asus ZenFone Max Pro M2. (HiTekno.com)

Game Genie di Google Play Store pun tak tersedia untuk Asus ZenFone Max Pro M2. Masak kalah sama Xiaomi yang punya aplikasi Game Booster.

2. Desain Kurang Gaming

Asus ZenFone Max Pro M2 memang cantik, terutama di bagian belakangnya. Bahan Polycarbonates alias plastik ini terlihat mewah seperti kaca untuk dilihat.

Tapi cuma dilihat, ketika degemgam terasa plastik. Beda dengan seri M1 yang dulu memakai bahan almunium yang terasa lebih kokoh dan benar mewah digenggam.

Asus ZenFone Max Pro M2. (HiTekno.com/Agung Pratnyawan)

Desainnya pun terlalu cantik, kurang garang seperti smartphone gaming seharusnya. Padahal ada Asus ROG Phone yang desainnya sangat gaming.

Tak ada rasa ROG Phone sedikit pun yang diturunkan pada desain tampilan luar Asus ZenFone Max Pro M2 ini. Teras kurang gaming sama sekali.

Asus ROG Phone. (Asus)

Itulah 2 alasan kenapa Asus ZenFone Max Pro M2 kurang cocok disebut sebagai smartphone gaming. Walaupun bisa dengan lancar memainkan semua game populer saat ini.

Semoga saja ke depannya Asus memberikan banyak update agar lebih mendukung sebagai smartphone gaming. Biar Asus ZenFone Max Pro M2 lebih gaming lagi.

BACA SELANJUTNYA

Asus ROG Swift OLED PG34WCDM, Monitor Gaming Lengkung 34 Inci 240 Hz