Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 17 Januari 2019 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi Mi Mix 3 menggunakan desain slider untuk mengakali layar penuh tanpa notch atau poni. Desain ini juga digunakan oleh Honor Magic 2.

Sebelumnya ada Oppo Find X dan Vivo NEX yang memakai kamera pop-up. Kamera ini digerakkan dengan motor listrik. Bukan cara manual seperti Xiaomi Mi Mix 3.

Namun sebelum dua smartphone ini, sudah ada yang duluan memakai slider ini. Bahkan jauh sebelum populer ponsel dengan kamera depan untuk selfie.

Xiaomi Mi Mix 3. (Mi)

Pada ponsel jadul, menggunakan desain slider bukan untuk menyembunyikan kamera. Melainkan untuk menyembunyikan keypad atau keyboard fisik.

Berikut ini tim HiTekno.com kumpulkan 5 ponsel jadul dengan desain slider sebelum ada Xiaomi Mi Mix 3.

Nokia 5610 XpressMusic

Nokia 5610 XpressMusic. (Amazon)

Ponsel jadul Nokia dikenal gemar memakai desain slider, seperti Nokia 5610 XpressMusic. Ponsel musik Nokia ini nampak bertebaran di Tanah Air.

Nokia 5610 XpressMusic menyembunyikan keypad-nya di slider bawah. Sedangkan di bawah layar terdapat tombol standar dengan play untuk musik.

Nokia 7650

Nokia 7650 dengan desain slider. (Amazon)

Nokia 7650 ini yang mempopulerkan ponsel berkamera di Tanah Air. Desainnya yang futuristik, dengan ukuran yang gemuk nampak tangguh.

Ponsel Nokia ini mengusung sistem operasi Symbian. Dilengkapi kamera beresolusi VGA di bagian belakang. Slider pada Nokia 7650 juga untuk keypad.

Nokia E7

Nokia E7. (Amazon)

Nokia pun memasangkan slider ke ponsel modern mereka. Seperti Nokia E7, yang memiliki desain slider ke samping untuk menyembunyikan keyboard QWERTY.

Dengan sistem operasi Symbian, Nokia E7 ini bisa diupdte ke Belle OS. Meski sudah touchscreen, ponsel Nokia ini juga dilengkapi keyboard QWERTY.

Sony Ericsson Xperia PLAY

Sony Ericsson Xperia PLAY. (Amazon)

Bukan cuma Nokia yang suka pakai desain slider, ada juga Sony Ericsson. Smartphone Android ini mengusung desain slider, tapi bukan untuk keyboard QWERTY.

Sony Ericsson Xperia PLAY ini meletakkan keypad selayaknya controler game. Sony Ericsson Xperia PLAY ini memang didesain sebagai smartphone gaming.

BlackBerry Torch 9810

BlackBerry Torch 9810. (Amazon)

Perusahaan teknologi asal Kanada ini pun pernah memakai desain slider untuk BlackBerry Torch 9810. Smartphone BlackBerry ini memasangkan keyboard QWERTY di slider bawahnya.

Sebagai seri Tourch, BlackBerry Torch 9810 ini termasuk smartphone flagship. Andalan BlackBerry melawan gempuran Android.

Itulah 5 ponsel jadul yang sudah memakai desain slider jauh sebelum Xiaomi Mi Mix 3 dan Honor Magic 2. Mana yang pernah kamu pakai?

BACA SELANJUTNYA

Selain Motorola Razr, 7 Ponsel Legendaris yang Menarik Dihidupkan Kembali