Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 30 Januari 2019 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC), saat ini dipercaya memproduksi chipset ternama. Seperti chipset Huawei Kirin, Qualcomm Snapdragon, hingga Apple dan MediaTek.

Beberapa perusahaan tersebut bisa mendesain chipset mereka sendiri, namun tak memiliki tempat produksi. Sehingga dipilihlah TSMC yang menggarapnya.

Namun sayangnya, fasilitas produksi TSMC sedang bermasalah. Hal ini bisa berdampak pada terhambatnya produksi, terutama untuk chipset Huawei Kirin.

Prosesor AI Kirin. (Geek Gadget)

Dikutip dari Gizchina, salah satu lini chip TSMC mengalami masalah dengan bahan kimia yang rusak. Hal ini berdampak pada penurunan produksi wafer untuk chip baru.

Yang terkena masalah ini adalah untuk lini produksi chipset HiSilicon Tecnologies, alias chipset Huawei Kirin.

Pihak TSMC sendiri masih menyelidiki insiden masalah bahak kimia ini. Mereka juga belum mendapatkan penyebab dan berapa besar dampaknya terhadap perusahaan.

Masalah ini juga membuat perusahaan khawatir dengan prediksi peningkatan permintaan iPhone. Mereka takut tak bisa memenuhi kebutuhan Apple akan chipsetnya.

Silikon wafer TSMC untuk chip. (TSMC)

Bukan kali ini saja TSMC mendapatkan masalah di lini produksi mereka. Pada Agustus 2018, komputer produksi mereka terjangkit virus.

Akibatnya, produksi terhenti selama tiga hari untuk menyelesaikan masalah virus ini. Tentu saja, masalah ini berdampak pada chip Apple yang tertunda produksinya.

Saat ini masih belum jelas, masalah yang dialami TSMC dapat mempengaruhi produksi chipset Huawei Kirin atau tidak. Namun kemungkinan besar bakal tertunda produksinya.

BACA SELANJUTNYA

Hyundai Pilih Samsung Exynos untuk Jadi Otak di Mobil Listriknya