Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 31 Januari 2019 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beberapa waktu lalu, Corephotonics, sebuah perusahaan Israel sempat menggungat kamera. Namun kini, perusahaan pembuat kamera ini bakal diakuisisi oleh Samsung.

Android Authority melaporkan pada Selasa (29/1/2019), Samsung sudah menawarkan mahar senilai sekitar 160 juta dolar Amerika Serikat atau sekira Rp 2,2 triliun kepada perusahaan Israel ini.

Corephotonics merupakan sosok penting di balik teknologi zoom kamera. Salah satu pengguna teknologinya adalah Oppo, yang pada Mobile World Congress 2017 lalu memperkenalkan lossless zoom 5x.

Lensa periskop Oppo yang diperkenalkan di MWC 2017. (Oppo)

Selain itu, teknologi 10x optical zoom yang akan diperkenalkan Oppo di ajang MWC 2019 pada Februari 2019 mendatang juga diduga merupakan buah kerjasama dengan Corephotonics.

Seandainya Samsung bisa mengakuisisi Corephotonics, maka vendor asal Korea Selatan itu bisa mengadaptasi teknologi serupa di masa datang.

Apalagi, Corephotonics mengklaim pihaknya bisa menyematkan teknologi 5x optical zoom pada ponsel dengan fitur triple camera.

Dengan bantuan Corephotonics, bukan mustahil jika Samsung bisa membuat sebuah ponsel yang memiliki pembesaran obyek hingga 25 kali.

Kamera smartphone Oppo dengan 10x Optical Zoom. (wccftech)

''Digabungkan dengan teknologi multi-frame, penggabungan gambar dan multi-scaling, pengaturan kamera ini bisa memberikan memberikan zoom factor hingga 25 kali secara keseluruhan,'' demikian petikan pada laporan Corphotonics tersebut.

Jadi, menarik untuk menanti hasil akhir dari usaha Samsung ini, mengingat Corephotonics juga tercatat sebagai perusahaan yang piawai dalam mengembangkan teknologi zoom pada kamera ponsel.

Bahkan, perusahaan Israel ini sudah memiliki 150 paten untuk teknologi kamera smartphone tersebut.

Yang juga menarik adalah Corephotonics rupanya telah menggungat Apple, salah satu rival utama Samsung. Apple dituding telah mencuri paten lensa ganda Corephotonics pada iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

Akankah Samsung mendapatkan Corephotonics, perusahaan Israel ternama pembuak kamera smartphone ini? (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Resmi Diluncurkan, Cek Apa Kelebihan Samsung Galaxy A55 5G dan Galaxy A35 5G