Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 05 Februari 2019 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Awal tahun 2019 sebagian besar smartphone menerima pembaruan untuk Android Pie. Namun XDA Developer sudah menerima pembaruan untuk Android Q pada smartphone di Google Pixel 3.

Kita masih belum tahu nama yang diberikan untuk Android Q, namun berkat video hands-on dan screenshot yang dibagikan oleh XDA Developer kita bisa ''mengintip'' mode baru.

Android Q akan memiliki fitur Dark Mode yang baru. Fitur tersebut akan berguna untuk semua orang yang memiliki smartphone dengan layar OLED.

Dilansir HiTekno dari laman The Verge, awal pekan ini XDA Developers menerbitkan temuannya tentang izin dalam kerangka kerja Android Q.

Beberapa di antaranya berkaitan dengan privasi yang lebih baik bagi pengguna Android Q nantinya.

Ilustrasi Android. (Google)

Perubahan izin yang paling menarik dapat melibatkan izin video klip. Hingga saat ini XDA mengatakan aplikasi dapat mengakses clipboard pengguna dan membaca apa pun yang tersimpan di clipboard tersebut.

Izin untuk Android Q mungkin mencegah aplikasi mengakses clipboard di latar belakang, sementara hanya memberika akses ke aplikasi yang ditugaskan oleh OEM.

XDA juga mengatakan menemukan kode yang terkait dengan identifikasi wajah, mirip dengan sistem ID Wajah Apple.

Beberapa ponsel Android sudah dapat menggunakan pengenalan wajah, tetapi membutuhkan kerja ekstra untuk memasukkan fitur tersebut.

Mengenai kabar yang beredar mengenai Android Q ini, kita lihat kelanjutannya di konferensi pengembang Google nanti ya.

BACA SELANJUTNYA

7 Alasan Kamu Harus Pindah ke iPhone, Ada Deretan Fitur yang Tidak Ada di Android