Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 08 Februari 2019 | 11:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Persaingan di pasar smartphone murah tak kalah sengitnya, banyak yang menjanjikan performa tinggi di harga terjankau. Seperti persaingan Asus Zenfone Max M2 dan Vivo Y93.

Kali ini, tim HiTekno.com mencoba untuk melakukan komparasi antara Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93. Simak ya.

Asus Zenfone Max M2 dan Vivo Y93 sekilas memiliki beberapa fitur yang hampir mirip. Kamu hanya bisa menemukan beberapa perbedaan kecil dari kedua perangkat ini.

Secara desain misalnya, tanpa logo dari kedua vendor smartphone yang berada di bagian bodi belakang, kamu pasti akan kesusahan untuk membedakan keduanya.

Namun, jika melihat dari sisi depan, sudah pasti dapat dipastikan perbedaan dua perangkat ini. Pasalnya, desain notch atau poni dari Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93 sangat berbeda.

Melihat perilisannya, kedua smartphone ini baru saja rilis pada akhir tahun 2018 lalu. Asus Zenfone Max Pro M2 rilis secara resmi pada Desember 2018, sedangkan Vivo Y93 lebih dulu datang pada November 2018.

Mengenai perangkat mana yang lebih mengungguli, semuanya kembali pada pasar smartphone dan peminatnya ya.

Untuk mengatasi kebingunganmu, tim HiTekno siapkan beberapa komparasi mengenai Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93. Simak ulasannya di bawah ini ya.

Dapur Pacu

Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93. (HiTekno.com)

Keunggulan smartphone biasanya dapat terlihat dari dapur pacunya, mengenai hardware dan performa yang ditawarkan.

Dari dapur pacu, Asus Zenfone Max M2 dan Vivo Y93 menggunakan dukungan chipset yang berbeda. Asus Zenfone Max M2 membawa chipset dari Qualcomm dengan Snapdragon 632 sedangkan Vivo Y93 hanya menggunakan chipset Mediatek Helio P22.

Melihat dari chipset yang digunakan, Asus Zenfone Max M2 lebih unggul karena datang dengan Snapdragon 632 yang punya performa kelas premium.

Pada skor AnTuTu, Asus Zenfone Max M2 mencetak skor mengagumkan yang sukses mengalahkan Vivo Y93 dengan total 104.300. Sayangnya, Vivo Y93 hanya mampu mencetak skor 48.000.

Memori

Asus Zenfone Max M2. (Asus)

Beralih ke dukungan memori, Asus Zenfone Max M2 datang dengan dua pilihan RAM dan memori internal yaitu RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB dan RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB.

Sedangkan Vivo Y93 hanya membawa satu pilihan RAM yaitu 3 GB dan memori internal sebesar 32 GB.

Menyediakan slot memori eksternal, Asus Zenfone Max M2 memungkinkan penggunanya untuk menggunakan microSD sebesar 512 GB. Sedangkan Vivo Y93 hanya mendukung microSD sebesar 256 GB.

Mengenai kapasitas memori, semuanya kembali ke kebutuhanmu ya.

Body

Vivo Y93 VS Asus Zenfone Max M2. (HiTekno.com)

Asus Zenfone Max M2 dan Vivo Y93 rupanya memiliki desain body yang tidak jauh berbeda secara ukuran. Namun, keduanya punya berat yang berbeda dan mencolok.

Vivo Y93 didesain cukup tebal dengan angka 8,3 mm, sedangkan Asus Zenfone Max M2 tampil lebih slim dengan ketebalan 7,7 mm saja.

Soal material, keduanya datang dengan bahan berbeda. Vivo punya material kekinian dengan menggunakan kaca dibagian belakang dan warna gradiasi yang menarik.

Sedangkan Asus menggunakan bahan alumunium di bagian belakang yang membuatnya tampil elegan. Dari belakang, Asus Zenfone Max M2 dan Vivo Y93 menempatkan kamera ganda dengan kedudukan yang sama.

Punya desain kekinian, Vivo Y93 dirilis dengan tampilan gradiasi dengan warna starry black dan sunset red. Sedangkan Asus Zenfone Max M2 cenderung monoton dengan warna hitam dan biru.

Layar

Vivo Y93. (Vivo)

Beralih ke layar, kedua perangkat ini sama-sama menggunakan layar berukuran 6,2 inci dengan rasio 19:9. Yang membedakan keduanya hanya pada desain poni di bagian depan perangkat masing-masing.

Asus Zenfone Max M2 menggunakan poni melebar di bagian atas, sedangkan Vivo Y93 tampil begitu kekinian dengan poni waterdrop yang cukup mainstream digunakan saat ini.

Soal resolusi, Asus Zenfone Max M2 dan Vivo Y93 punya ukuran yang sama yaitu 720 x 1520 piksel. 

Kamera

Asus Zenfone Max M2. (Asus)

Mengenai kamera, Asus Zenfone Max M2 dan Vivo Y93 rupanya punya deretan kamera dengan resolusi yang sama.

Asus Zenfone Max M2 dan Vivo Y93 datang dengan kamera belakang beresolusi 13 MP dengan bukaan f/2.2 dan 2 MP dengan bukaan f/2.4. Untuk kamera depan, kedua perangkat ini membawa kamera beresolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0.

Yang membedakan keduanya adalah fitur masing-masing perangkat. Asus Zenfone Max M2 unggul dengan berbagai fitur yang menjanjikan antara lain dengan menggunakan fitur HDR pada kedua kamera utamanya dan kemampuan untuk merekam video beresolusi 4K.

Tidak ketinggalan, Vivo Y93 juga menyiapkan fitur menarik pada perangkatnya. Kamera perangkat ini disebut mampu menghasilkan efek bokeh yang setara dengan jepretan profesional.

Namun, kedua perangkat ini sama-sama sudah menyematkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence pada kamera masing-masing yang digunakan.

Baterai

Baterai pada Asus Zenfone Max M2. (Asus)

Soal kapasitas baterai, Vivo Y93 rupanya lebih unggul dari Asus Zenfone Max M2. Pasalnya, perangkat ini menggunakan baterai dengan kapasitas 4.030 mAh yang disebut memberikan sistem manajemen daya yang cerdas dan eksklusif.

Vivo Y93 menjanjikan pengalaman bermain game yang memuaskan tanpa perlu khawatir baterai sekarat.

Sedangkan Asus Zenfone Max M2 datang dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh yang disebut memiliki tenaga khusus untuk performa maksimum dalam ruangan yang minimum.

Melihat perbandingan baterai keduanya memang hanya sedikit. Namun dengan baterai sebesar 4.000 mAh, sepertinya kedua perangkat ini cukup menjanjikan untuk memberikan performa terbaiknya ya.

Soal koneksi USB, Asus Zenfone Max M2 dan Vivo Y93 sudah menggunakan USB On The Go (OTG) yang memungkinkan perangkat untuk membaca data yang ada di USB tanpa melakukan transfer data melewati komputer.

Fitur Unik

Vivo Y93. (Vivo)

Melihat fitur menarik dari kedua perangkat ini, Asus Zenfone Max M2 dan Vivo Y93 rupanya menyiapkan yang terbaik untuk penggunanya.

Demi keamanan perangkat penggunanya, Vivo Y93 datang dengan sensor sidik jari dan Face Access yang memungkinkan pengguna untuk membuka perangkat dengan mudah dan praktis.

Fitur menarik lain dari perangkat ini adalah smart split untuk membagi layar berukuran 6,22 inci ini menjadi dua. Pengguna bisa membalas chat sambil terus menonton video secara bersamaan.

Tidak jauh berbeda dari Vivo Y93, Asus Zenfone Max M2 juga menggunakan pengenalan wajah serta sensor fingerprint pada bagian belakang smartphone. Asus menjanjikan penggunanya untuk membuka perangkat hanya dalam 0,3 detik.

Harga

Harga Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93. (Erafon)

Tertarik menggunakan Asus Zenfone Max M2 dan Vivo Y93? Vivo Y93 dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB dijual dengan harga Rp 2.499.000.

Sedangkan Asus Zenfone Max M2 untuk pilihan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, dibanderol dengan harga Rp 2.099.000. Pilihan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB dibanderol Rp 2.499.000.

Melihat perbandingan harga keduanya, kamu tinggal menyesuaikan dengan isi dompetmu ya. Jangan lupa juga untuk sesuaikan dengan spesifikasi yang kamu inginkan.

Kesimpulan

Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93. (HiTekno.com)

Soal performa dan dapur pacu, Asus Zenfone Max M2 terlihat lebih unggul dengan chipset Snapdragon 632 yang digunakan.

Mengenai kamera, keduanya memang punya resolusi yang sama dan fitur masing-masing yang begitu unggul. Apalagi keduanya sama-sama menggunakan kecerdasan buatan.

Beralih ke kapasitas baterai, Vivo Y93 lebih unggul dengan kapasitas baterai sebesar 4030 mAh yang menjanjikan performa terbaiknya.

Perbedaan harga keduanya juga tidak jauh berbeda. Untuk kamu yang mencari smartphone dengan performa terbaik, Asus Zenfone Max M2 adalah pilihan yang tepat.

Namun, untuk kamu yang ingin smartphone dengan desain menarik dan kekinian, Vivo Y93 bisa menjadi pilihan kamu.

Sama-sama smartphone murah, antara Asus Zenfone Max M2 vs Vivo Y93 mana yang lebih layak untuk dilirik?

BACA SELANJUTNYA

Vivo V29e Hadir dengan 50MP AF Group Photo dan Aura Light Portrait, Cek Berapa Harganya