Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 19 Februari 2019 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mungkin smartphone yang kamu pakai sekarang sudah dilengkapi fitur NFC. Buat apa sebenarnya NFC di smartphone ini? Akapah cuma untuk cek saldo e-toll.

Setiap ada smartphone baru diluncurkan tapi tidak memiliki fitur ini, pasti ada yang menyesalkan. Dan pasti disinggung soal cek saldo e-toll.

Namun sebenarnya, cek saldo e-toll sebenarnya hanya salah satu dari banyak kegunaan fitur NFC di smartphone. Namun sebelumnya, sudah tahukah kamu apa itu NFC?

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication, teknologi yang diciptakan untuk komunikasi antar dua perangkat dengan cara mendekatkan atau menempelkan.

Berikut ini beberapa fungsi yang bisa dilakukan fitur NFC di smartphone.

Koneksi Keperangkat Lain

NFC hubungkan smartphone ke wireless headphone. (Pioneer)

Salah satu tujuan awal dari NFC adalah memudahkan koneksi dengan perangkat lain. Tak seperti Bluetooth, NFC tak perlu melakukan pairing tinggal tempel saja.

Cara ini sudah banyak dipakai untuk menghubungkan smartphone ke Bluetooth headset, wireless router, speaker Bluetooth dan masih banyak lainnya.

Pembayaran Cashless

Ilustrasi pembayaran menggunakan teknologi NFC pada smartphone. [Shutterstock]

Kemudahan ini juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran digital. Tinggal tempel, barang yang kamu beli langsung terbayar.

Cara kerjanya mirip dengan e-Toll, namun memakai smartphone sebagai alatnya. Cara ini banyak dipopulerkan Apple dan Google.

Kirim Data

Transfer file dengan NFC. (paysmart.com.b)

Salah satu yang mempopulerkan pengiriman data lewat NFC adalah Samsung. Bahkan di masanya, Samsung mempromosikan dengan iklan smartphone.

Hanya sekali tempel, kamu bisa berbagai data dengan smartphon lain. Awalnya memang untuk berbagi kontak, namun berkembang hingga kirim file.

Kunci Keamanan

Ilustrasi buka kunci pintu dengan NFC di smartphone. (SimonsVoss)

Teknologi ini yang sekarang banyak dikembangkan. Bayangkan, bisa membuka kunci mobil atau rumah hanya dengan menempelkan smartphone.

Karena kemudahannya, tak heran fitur NFC ini merambah ke sistem keamanan. Dan mulai banyak dikembangkan agar aman dan tetap mudah.

Selain empat fungsi di atas, masih banyak lagi yang bisa dilakukan fitur NFC di smartphone. Bukan hanya untuk membaca saldo e-Toll saja.

BACA SELANJUTNYA

Realme dan One Plus Disinyalir akan Luncurkan HP dengan RAM Tembus 24GB, Ngeri-Ngeri Sedap!