Kamis, 18 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Senin, 04 Maret 2019 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mobile World Congress atau MWC 2019 lalu menjadi ajang para vendor smartphone untuk memperkenalkan inovasi baru dan smartphone dengan teknologi canggih. Salah satu teknologi baru yang diperkenalkan ajang ini adalah smartphone dengan dukungan 5G.

Tahun 2019 digadang-gadang sebagai tahun peralihan dari jaringan 4G LTE menuju jaringan 5G. Wajar jika banyak smartphone yang bersaing untuk merilis perangkatnya dengan jaringan tersebut.

Nama-nama vendor smartphone yang besar dan terkenal bahkan sudah dengan pasti dan yakin untuk merilis smartphone-nya yang hadir dengan teknologi jaringan 5G.

Sayangnya, pengguna di Indonesia harus ekstra sabar. Jaringan 5G untuk deretan smartphone ini hanya akan rilis di Eropa dan Amerika Serikat.

Pasalnya, Indonesia masih melakukan uji coba untuk kedatangan jaringan 5G. Kemungkinan jaringan ini baru akan hadir pada 2020 atau 2021 mendatang.

Beberapa smartphone yang dipastikan datang dengan 5G dan sudah diperkenalkan dalam gelaran MWC 2019 antara lain.

Smartphone lipat Huawei Mate X. (Huawei)

Pertama, Huawei Mate X. Smartphone pertama yang akan melenggang dengan jaringan 5G adalah Huawei Mate X. Selain datang dengan jaringan 5G, smartphone ini juga menggunakan layar lipat.

Kedatangan Huawei Mate X sendiri diprediksi pada pertengahan 2019 dengan harga 2.299 euro atau setara dengan Rp 36,6 juta.

LG V50 ThinQ. (twitter/evleaks)

Kedua, LG V50 ThinQ. Penerus LG V40 ThinQ ini datang dengan jaringan 5G yang disebut menggunakan modem X50 5G yang dijalankan oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 855.

Masih tutup mulut, hingga kini tidak diketahui kapan LG V50 ThinQ akan rilis serta informasi mengenai harga perangkat ini.

Smartphone Samsung Galaxy S10 series. (Samsung)

Ketiga, Samsung Galaxy S10. Hadir dengan teknologi super canggih, Samsung Galaxy S10 datang dengan jaringan 5G.

Makin menarik, Samsung Galaxy S10 versi jaringan 5G ini membawa 6 kamera. Menurut prediksi, perangkat ini akan rilis pada pertengahn 2019.

Xiaomi Mi Mix 3 5G. (Xiaomi)

Keempat, Xiaomi Mi Mix 3. Sebelumnya, perangkat ini sudah rilis pada Oktober 2018. Varian terbarunya dengan jaringan 5G kembali dirilis pada Mei 2019 mendatang.

Untuk mewujudkan smartphone jaringan 5G dari keluargnya, Xiaomi bekerja sama dengan salah satu operator jaringan terbesar di China yaitu China Mobile.

Oppo 10x optical zoom. (Instagram/@oppo)

Yang terakhir, Oppo 5G. Nama smartphone Oppo dengan jaringan 5G sendiri masih belum diketahui. Namun, untuk mewujudkan keinginan Oppo, vendor smartphone ini bekerja sama dengan beberapa operator jaringan terbesar di dunia seperti Swisscomm dan Telstra.

Memberikan kualitas maksimal, Oppo juga menjalin komunikasi intensif dengan Qualcomm untuk chipset terbaik yang mendukung jaringan 5G.

Itu tadi deretan smartphone 5G yang diperkenalkan dalam gelaran MWC 2019 yang berlangsung di Barcelona pada akhir Februari 2019 lalu.

BACA SELANJUTNYA

Resmi Diluncurkan, Cek Apa Kelebihan Samsung Galaxy A55 5G dan Galaxy A35 5G