Sabtu, 28 Mei 2022
Agung Pratnyawan : Selasa, 05 Maret 2019 | 12:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Firma riset pasar, Counterpoint, telah merilis data pengkapalan smartphone untuk kuartal 4 2018 ini. Siapa penguasa pasar smartphone dunia di penghujung 2018?

Dalam data yang diungkap Counterpoint, terungkap kalau Samsung masih menguasai pasar smartphone dunia dengan market share hingga 18 persen.

Di bawah Samsung, masih ada Apple yang menguasai 17 persen pasar smartphone dunia. Kedua merek smartphone ini masih kuat di puncak.

Menariknya, gap antara Samsung dan Apple makin menyempit. Tak hanya itu, gap dua penguasa ini dengan Huawei di peringkat ketiga juga makin menipis lagi.

Disebutkan, kalau Huawei berada di peringkat ketiga dengan menguasai 15 persen market share di pasar smartphone dunia.

Angka yang dicapai Huawei ini sudah termasuk dengan pengkapalan sub-brand mereka Honor. Seperti diketahui, Honor juga tumbuh pesat.

Samsung kuasai pasar smartphone dunia di kuartal 4 2018. (Counterpoint)

Di bawah Huawei, masih ada trio produsen asal China lainnya. Yaitu Oppo dengan menguasai 8 persen, disusul Vivo dan Xiaomi yang sama-sama menguasai 7 persen.

Setelah itu, ternyata masih ada Lenovo yang menguasai 3 persen market share. Sisanya ada 25 persen market share dibagi-bagi dengan merek yang belum disebutkan.

Menurut analisa Counterpoint, jika penjualan smartphone Huawei terus tumbuh pesat, tak akan lama lagi produsen asal China ini mengungguli Apple.

Namun perlu dicatat, pengkapalan iPhone tahun 2018 lalu memang mengalami penurunan yang drastis. Walau begitu, Apple mengalami peningkatan keuntungan 6 persen.

Data pengkapalan smartphone di kuartal 4 2018 disebutkan mencapai 394,5 juta unit. Jumlah ini mengalami penurunan 7 persen di banding sebelumnya.

Kita tunggu saja sepak terjang Huawei di 2019 ini, apakah bisa mengungguli Apple atau bahkan Samsung di pasar smartphone dunia.

BACA SELANJUTNYA

Lebih Baik dari Seri Sebelumnya, Kamera iPhone 14 Bawa Peningkatan Ini