Sabtu, 27 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 05 Maret 2019 | 22:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dalam dunia modern, plastik seolah menjadi mimpi buruk yang memicu pada pencemaran lingkungan. Berbagai usaha untuk mengelola plastik lalu dilakukan. Hal yang sama terjadi pada sebuah perusahaan asal Inggris yang belum lama ini menciptakan speaker dari limbah plastik.

Perusahaan desain bernama Gomi yang terletak di Brighton, Inggris ini menciptakan sebuah speaker bluetooth portable yang dibuat dari Low Density Polyethylene (LDPE).

Limbah plastik LDPE ini biasanya digunakan untuk membungkus makanan dan bersifat fleksibel.

Tujuan utama perusahaan ini menciptakan produk dari limbah plastik adalah untuk mencegah penimbunan hingga pembakaran.

Speaker dari limbah plastik. (Gomi)

Dilansir dari Newsatlas, sifat plastik LDPE pada dasarnya tidak mudah didaur ulang sehingga perlu ide cemerlang untuk memanfaatkannya dan mengolahnya menjadi desain yang inovatif dan berharga.

Gomi setidaknya membutuhkan tiga modul untuk membuat speaker tersebut. Setiap modul menggunakan 100 kantong plastik yang dilebur, dikompresi, dan dicetak.

Pola pada speaker ini dibuat manual atau handmade untuk memberi kesan unik dan menarik.

Speaker dari limbah plastik ini berukuran 138 x 270 x 80 mm yang sudah dilengkapi dengan Bluetooth 4.0 serta baterai Li-Ion 20.000 mAh.

Speaker dari limbah plastik. (Gomi)

Kapasitas baterai ini disebut mampu memutar musik selama 18 jam. Speaker ini juga sudah dilengkapi dengan port USB-C serta pengisian daya yang menggunakan USB 3.0.

Untuk mendapatkan limbah plastik yang sesuai demi produk yang ia kerjakan, Gomi bekerja sama dengan beberapa penjual Sussex.

Selain bekerja sama dengan penjual Sussex, gomi juga menggunakan limbah plastik rumah tangga yang sudah tidak terpakai.

Gomi membanderol speaker dari limbah plastik ini dengan harga 260 US dolar atau setara dengan Rp 3,7 juta. Menurut rencana, produk ini akan dijual pada November 2019 mendatang.

BACA SELANJUTNYA

Canggih, LG Ciptakan Speaker Tipis Jenis Baru, Cocok Dipakai untuk Audio Mobil