Rabu, 20 Januari 2021
Agung Pratnyawan : Minggu, 31 Maret 2019 | 14:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi telah memperkenalkan Redmi GO dengan Android GO. Sebagai smartphone murah, Redmi GO bakal bersaing dengan saudara sepabrikannya. Pasti menarik melihat perbandingan antara Redmi Go vs Redmi 6A.

Smartphone Redmi 6A hadir sebagai seri termurah dari jajaran Redmi. Namun kehadiran Redmi GO mengubahnya, karena smartphone ini jadi yang termurah.

Kedua smartphone hadir dengan mengusung kelebihannya masing-masing. Namun dengan harga yang murah, pasti ada pula kelemahannya.

Kedua smartphone Redmi ini juga sama-sama secara resmi dibawa Xiaomi ke Indonesia. Walaupun belum secara meluas penjualannya.

Buat kamu yang bingung mencari smartphone murah, pasti akan melirik antara Redmi GO vs Redmi 6A ini. Mana smartphone yang paling cocok untuk kamu?

Berikut ini perbandingan spesifikasi antara Redmi GO vs Redmi 6A.

Dapur Pacu

Chipset MediaTek Helio A22 vs Qualcomm Snapdragon 425. (HiTekno,com)

 

Xiaomi Redmi 6A mengusung chipset MediaTek Helio A22 (12 nm) berisikan CPU quad-core 2,0 GHz Cortex-A53 dan GPU PowerVR GE8320.

Sedangkan Redmi GO mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 425 (28 nm) berisikan CPU quad-core 1,4 GHz Cortex-A53 dengan GPU Adreno 308.

Di atas kertas jelas Helio A22 milik Xiaomi Redmi 6A lebih unggul dari Redmi GO. Dari performa, kecepatan, hingga kehematan daya, sedikit lebih unggul.

Namun untuk bermain game, GPU milik Snapdragon 425 cukup untuk memainkan beberapa game. Sehingga selisih performa untuk bermain game tidak akan jauh.

Sistem Operasi

Smartphone Xiaomi Redmi 6A. (Erafon)

 

Pembeda paling utama adalah antar muka yang digunakan kedua smartphone murah ini. Walaupun keduanya sama-sama mengusung sistem operasi Android 8.1 Oreo.

Smartphone Redmi GO memaki Android GO, yaitu sistem operasi ringan untuk smartphone dengan spesifikasi rendah. Antar muka ini dioptimalkan untuk smartphone entry level.

Sedangkan Redmi 6A memakai antar muka MIUI 9 yang sudah menjadi khas milik Xiaomi. Antar muka yang ringkas, mudah dimengerti, bersih, tapi ada iklannya.

Dengan Android GO, membuat Redmi GO menjadi menarik. Tak perlu takut performa lemot, karena antar muka dan aplikasinya sudah dioptimalkan.

Memory

Xiaomi Redmi 6A. (Mi.com)

 

Redmi GO hadir dengan RAM 1 GB dan memori internal 8 GB. JIka kurang masih ada dedicated slot microSD yang mendukung hingga 128 GB.

Sedangkan Redmi 6A hadir dengan pilihan RAM 2 GB + 16 GB dan RAM 3 GB + 32 GB. Dan masih didukung dedicated slot micro SD yang mendukung hingga 256 GB.

Pilihan RAM Redmi 6A jelas lebih banyak dan lebih menarik. Namun jangan sepelekan Android GO yang sudah cukup dengan RAM 1 GB saja.

Baterai

Redmi GO vs Redmi 6A. (HiTekno.com)

 

Soal baterai, keduanya berkapasitas 3.000 mAh tanpa dukungan fast charger. Keduanya juga imbang sama-sama memakai port micro USB 2.0.

Soal daya tahan, Android GO memang dirancang ringan sehingga bisa menghemat pemakaian daya. Namun antar muka MIUI dan chipset 12 nm membuatnya tak kalah irit daya.

Kamera

Redmi 6A. (Mi)

 

Redmi GO memakai kamera belakang 8 MP f/2.0 dengan LED flash dan kamera selfie 5 MP f/2.2. Meski sederhana, namun cukup untuk mengambil foto.

Berbeda dengan Redmi 6A memakai kamera belakang 13 MP f/2.2 dengan dukungan LED flash dan kamera selfie 5 MP f/2.2. Jelas, Redmi 6A lebih unggul di sisi kamera.

Layar

Redmi GO vs Redmi 6A. (HiTekno.com)

 

Redmi G0 memakai layar 5 inci beresolusi 720 x 1280 piksel (294 ppi). Sedangkan Redmi 6A berukuran 5,45 inci dengan resolusi 720 x 1440 piksel (295 ppi).

Layar Redmi GO yang 5 inci tidak semua orang bisa nyaman dengan ukurannya. Layar Redmi 6A yang lebih lega bakal lebih nyaman.

Harga

Redmi GO vs Redmi 6A. (HiTekno.com)

 

Harga Redmi GO sangatlah terjangkau, kamu bisa mendapatkannya sebesar Rp 899.000. Harga murah ini yang jadi daya tariknya.

Sedangkan harga Redmi 6A versi RAM 2 GB + 16 GB sebesar 1.299.000. Dan harga Redmi 6A versi RAM 3 GB + 32 GB sebesar Rp 1.499.000.

Walaupun harga Redmi GO terlihat lebih murah, namun jika kamu mendapatkannya dalam penjualan resmi. Harga di reseller bisa lebih tinggi.

Kesimpulan

Redmi GO vs Redmi 6A. (HiTekno.com)

 

Redmi GO jelas menarik sebagai smartphone murah. Namun jika kamu bisa mendapatkan seharga harga resminya, atau kamu membelinya langsung dari Xiaomi.

Namun dengan harganya yang melambung hampir Rp 1 juta, kenapa tidak melirik saja ke Redmi 6A. Sedikit lebih mahal namun mendapatkan lebih banyak kelebihan.

Itulah perbandingan antara Redmi GO vs Redmi 6A sebagai smartphone murah. Pilihan kembali ke kamu mau menjatuhkan pilihan ke mana.

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi Masuk Blacklist AS, Bahkan Disebut Perusahaan Militer Komunis