Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 03 April 2019 | 22:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi sempat mengungkapkan rencananya mereka dalam menggaram MIUI 11 pada awal 2019. Perhalan, perkembangan dari antar muka buatan Xiaomi ini mulai kelihatan.

Product Director MIUI Liu Ming dan Design Director MIUI, Ge Rui mulai angkat bicara soal pengembangan MIUI 11 dari Xiaomi ini.

Ge Rui membagikan fitur baru apa saja yang akan dibawa ke MIUI 11 nanti. Fitur baru apa yang akan didapatkan para pengguna smartphone Xiaomi ini?

Ilustrasi smartphone Xiaomi dengan MIUI 11. (HiTekno.com)

Tampilan ikon baru

Kedua petinggi Xiaomi tersebut sepakat menyebut bahwa MIUI 11 akan memberikan tampilan lebih segar dengan pembaruan pada ikon aplikasi yang tak pernah berubah sejak MIUI 6.

Mereka mengatakan bahwa pengguna dapat mengubah bentuk ikon sesuai yang dikehendaki.

Secara umum, ikon aplikasi pada MIUI 11 akan lebih sederhana dan tampak minimalis. Sebagai pelengkap, animasi pada tampilan antarmukanya juga akan diperhalus.

Mode hemat baterai

MIUI 11 akan dilengkapi mode ultra power saving. Saat aktif, seluruh aplikasi dan fitur, kecuali SMS dan telepon, akan mati. Sementara layar smartphone akan berubah jadi monokrom (hitam-putih).

Imbas layar monokrom tersebut berimbas pada pemakaian baterai yang lebih efisien.

Bisa menghilangkan poni alias notch

MIUI 11 juga memungkinkan pengguna Xiaomi dengan layar notch untuk menghilangkan poni pada layar.

Selain itu, notifikasi pada menu smartphone akan ditata lebih rapi, sesuai kategori yang ditentukan pengguna. Misalnya, notifikasi pemasangan headphone, mute, baterai, dan kekuatan sinyal bisa diletakkan di satu sisi status bar.

Screenshot terhapus otomatis

Pada kebanyakan smartphone, gambar hasil tangkapan layar atau screenshot biasanya langsung tersimpan otomatis di dalam galeri.

Namun di MIUI 11, Xiaomi memberikan fitur yang secara otomatis akan menghapus hasilscreenshot setelah dibagikan pengguna.

Notifikasi yang lebih rapi

Xiaomi menjanjikan firmware ini dengan toggle notification yang lebih rapi. Pasalnya, pengguna bisa mengatur dan menggabungkan notifikasi dari aplikasi yang sama.

Peningkatan tema gelap

MIUI 11 juga memperluas kehadiran tema gelap yang sudah datang sejak MIUI 10 beta untuk MI 8 dan Redmi Note 5 Pro.

Selain itu, tema gelap juga mendukung tampilan pada browser serta aplikasi dari pihak ketiga.

Hasilnya, pengguna Xiaomi tidak perlu lagi meng-upgrade smartphonenya ke Android Q jika ingin mencoba mode gelap, meskipun pada dasarnya, pembaruan OS sangat dianjurkan untuk menjaga keamanan software smartphone.

Meskipun sejumlah fitur baru pada MIUI 11 sudah terungkap, namun Xiaomi sama sekali belum menginformasikan tanggal rilis firmware terbarunya itu, demikian seperti yang dilaporkan XDA Developers pada Rabu (3/4/2019). (Suara.com/ Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

Redmi Note 13 Series Resmi Diluncurkan, Cek Seperti Apa Jajaran HP Baru Xiaomi Indonesia Ini