Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 04 April 2019 | 10:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Oppo dikabarkan akan mengeluarkan submerek terbarunya pada bulan April 2019. Smartphone yang diberi nama Oppo Reno ini membawa spesifikasi tinggi dan beberapa fitur unggulan.

Setelah sistem pendingin cair yang bocor, ternyata smartphone Oppo Reno menyiapkan salah satu fitur unggulannya yang lain.

Vice President Oppo, Bryan Shen, lagi-lagi membocorkan sebuah video singkat mengenai fitur yang akan ada di Oppo Reno.

Seperti yang telah diketahui, panel AMOLED telah menjadi pilihan utama bagi smartphone menengah dan menengah ke atas sehingga produksinya meningkat pesat.

Panel AMOLED dan OLED memiliki banyak keunggulan, mereka memiliki akurasi dan kontras warna yang lebih baik. Tidak mengherankan, banyak produsen smartphone beralih ke panel OLED untuk smartphone mereka.

Terdapat satu kelemahan terkait dengan tampilan OLED, itu berkaitan dengan cara panel menangani tingkat kecerahan rendah.

Sebagian besar panel OLED menggunakan teknik yang disebut Pulse Width Modulation (PWM) untuk meredupkan kecerahannya.

Bocoran smartphone Oppo Reno. (GSM Arena)

Itu berbeda dengan teknik peredupan cahaya ''DC Dimming'' yang telah digunakan oleh panel LCD untuk mengontrol tingkat kecerahannya.

Teknik PWM (Pulse Width Modulation) yang ada pada layar OLED atau AMOLED (semua layar LED) biasanya akan menghasilkan efek flickering (kedipan) yang sangat besar atau signifikan.

Sebagian orang mungkin tidak akan merasakan efek kedipan itu. Namun beberapa orang akan lebih sensitif dengan adanya efek kedipan.

Mereka biasanya akan mengalami ketegangan mata, sakit kepala, dan migrain jika terpapar efek kedipan dalam jangka waktu yang lama.

Dalam sebuah video yang bocor, Bryan Shen mengungkapkan bahwa Oppo Reno mereka yang baru akan menggunakan layar AMOLED yang dilengkapi dengan DC Dimming.

Dikutip dari Gizmochina, tegangan DC ada di antara 0 hingga 10 volt untuk mengontrol output LED.

Saat voltase naik atau turun, driver DC Dimming 0-10 volt akan menyesuaikan kecerahan sesuai presentase tertentu.

Fitur tersebut menghadirkan pelindung mata stroboskopik sehingga aman bagi mata yang sensisitif terhadap efek kedipan saat tingkat cahaya rendah.

Tak hanya smartphone Oppo Reno, beberapa produsen besar seperti Vivo, Meizu, Xiaomi dan OnePlus dikabarkan juga sedang mengembangkan fitur ini di smartphone mereka yang akan datang.

BACA SELANJUTNYA

HMD Global Luncurkan Nokia G42 5G, Smartphone 5G yang Dapat Diperbaiki oleh Pengguna