Jum'at, 28 Januari 2022
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Rabu, 10 April 2019 | 14:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Menjelang akhir 2018 lalu, Oppo secara resmi memperkenalkan dua perangkat anyarnya, yaitu Oppo A7 dan Oppo F9. Jika sampai saat ini kamu masih dibuat pusing menentukan pilihan antara dua perangkat ini, simak ulasan perbanding Oppo A7 dan Oppo F9 yang sudah tim HiTekno buat ini ya.

Secara desain, dua smartphone Oppo ini jelas sudah sangat kekinian. Selain itu Oppo juga membekali dua perangkat ini dengan chipset keren dari Qualcomm dengan Snapdragon dan Mediatek dengan Helio.

Eksistensi Oppo di pasar smartphone Indonesia memang tidak bisa diragukan. Banyak peminat, smartphone selfie expert ini menjadi begitu produktif dalam merilis perangkatnya.

Soal harga, keduanya juga dibanderol dengan rentang biaya yang tidak terlalu jauh satu sama lain. Jadi, pilihannya tetap kembali ke kamu sebagai si pengguna, lebih nyaman menggunakan Oppo A7 atau Oppo F9.

Biar nggak semakin bingung, berikut ulasan perbandingan Oppo A7 dan Oppo F9 yang sudah tim HiTekno buat berikut ini.

Dapur Pacu

Oppo F9. (Oppo)

Mengenai dapur pacu, Oppo A7 dibekali dengan chipset Snapdragon 450 dari Qualcomm. Sedangkan, Oppo F9 menggunakan otak Helio P60 dari Mediatek.

Keunggulan keduanya juga sudah cukup jelas. Oppo F9 dengan Helio P60 bekerja lebih baik jika dibandingkan dengan Snapdragon 450 di Oppo A7.

Hasil skor AnTuTu dua perangkat ini semakin jelas menunjukan keunggulan Oppo F9. Oppo F9 sukses mencetak angka 140.100. Sedangkan Oppo A7 harus berpuas dengan skor 56.577.

Memori

Oppo A7. (Oppo)

Oppo A7 dirilis dengan satu pilihan RAM dan memori internal, yaitu 4 GB dan 64 GB. Entah apa yang membuat Oppo tidak membekali Oppo A7 dengan beberapa pilihan RAM dan memori internal.

Di sisi lain, Oppo F9 unggul dengan dua varian RAM dan satu varian memori internal. Varian pertama membawa RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Varian kedua menggunakan RAM 6 GB dan memori internal 64 GB.

Cukup adil, Oppo membekali dua perangkatnya ini dengan memori eksternal microSD berkapasitas 256 GB.

Layar

Oppo F9. (Oppo)

Sama-sama menggunakan layar penuh berteknologi IPS, Oppo A7 dan Oppo F9 menggunakan resolusi yang berbeda untuk kedua perangkat ini.

Oppo A7 menggunakan layar 6,2 inci beresolusi Full HD+ berukuran 1520 x 720 piksel. Untuk Oppo F9 dibekali dengan layar yang sedikit lebih besar yaitu 6,3 inci beresolusi Full HD+ berukuran 2340 x 1080 piksel.

Untuk Oppo A7, perangkat ini dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3. Sedangkan Oppo F9 dilindungi dengan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 6 yang lebih terbaru.

Desain

Oppo A7. (Oppo)

Oppo A7 dan Oppo F9 sama-sama merupakan perangkat yang mengadopsi tampilan waterdrop screen yang menjadi letak kamera.

Dari panel depan, kedua perangkat ini terlihat sangat serupa. Namun, perlu memperhatikan dengan baik untuk bisa membedakan Oppo A7 dan Oppo F9.

Di bagian bawah, Oppo A7 memiliki bezel yang jauh lebih tebal jika dibandingkan dengan Oppo F9 yang cenderung hadir dengan tampilan bezel tipis.

Kamera

Oppo F9. (Oppo)

Beralih ke sektor kamera, Oppo F9 sepertinya perlu berbangga karena tampil lebih baik dari Oppo A7, walaupun pada dasarnya, kedua perangkat ini sama-sama dibekali dengan kamera utama ganda.

Oppo F9 menggunakan dual kamera belakang yang masing-masing berukuran 16 MP dan 2 MP. Untuk Oppo A7 hanya menggunakan kamera 13 MP dan 2 MP di bagian belakang.

Mengenai kamera selfie, Oppo F9 dibekali dengan kamera besar beresolusi 25 MP. Oppo A7 hanya perlu berbangga dengan resolusi kamera 16 MP miliknya.

Oppo A7 dan Oppo F9 ini sama-sama sudah dibekali dengan fitur PDAF, LED Flash, dan mampu merekam video beresolusi Full HD. Cukup menarik?

Baterai

Oppo A7. (Oppo)

Beralih ke sektor kamera, kalau hal ini, Oppo A7 patut berbangga karena dibekali dengan baterai berkapasitas besar. Oppo A7 menggunakan baterai berkapasitas 4.230 mAh. Ketinggalan jauh dari Oppo A7, Oppo F9 hanya menggunakan baterai 3.500 mAh.

Walaupun membawa baterai berkapasitas besar, Oppo A7 tetap harus mengakui keunggulan Oppo F9 yang sudah dilengkapi dengan teknologi fast charging VOOC.

Harga

Oppo F9. (Oppo)

Dirilis pada akhir 2018 lalu, Oppo A7 dan Oppo F9 rupanya memiliki harga yang tidak jauh berbeda yaitu pada kisaran Rp 4 juta.

Oppo A7 dijual dengan harga Rp 3.699.000 untuk RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Sedangkan Oppo F9 dibanderol dengan harga Rp 4.299.000 untuk RAM 4 GB dan Rp 4.999.000 untuk RAM 6 GB.

Jadi, kamu tertarik yang mana nih?

Kesimpulan

Oppo F9 VS Oppo A7. (Oppo)

Secara harga, jelas Oppo F9 jauh lebih mahal. Hal ini karena perangkat Oppo ini menggunakan spesifikasi tinggi pada chipset, kamera, dan teknologi fast charging yang dibawanya.

Fitur VOOC fast charging milik Oppo F9 ini disebut-sebut menawarkan waktu bicara selama dua jam hanya dengan mengisi daya selama lima menit.

Oppo A7 jauh lebih murah, mengingat spesifikasi perangkat ini tidak terlalu tinggi hingga mampu mengalahkan Oppo F9.

Salah satu fitur terbaik yang Oppo A7 punya adalah kapasitas bertai besar yaitu 4.230 mAh dan fitur AI Battery Management yang berfungsi untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak aktif dan mengurangi penggunaan berlebihan.

Dari perbandingan Oppo A7 dan Oppo F9 ini, kamu sudah bisa menentukan pilihan belum?

BACA SELANJUTNYA

Cara Setting APN di HP Oppo, Cepat dan Stabil