Jum'at, 03 Februari 2023
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Sabtu, 20 April 2019 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kabar mengenai BBM atau BlackBerry Messenger yang akan berhenti beroperasi memang cukup mengejutkan banyak pihak terutama untuk kamu yang sempat menggunakan aplikasi pesan singkat ini.

BlackBerry Messenger diketahui sudah beroperasi sejak tahun 2005 lalu dan sempat populer di Indonesia pada tahun 2011 dan 2012.

Setelah hilang pamor dan tergantikan dengan beberapa aplikasi pesan singkat lainnya, BlackBerry Messenger akhirnya akan segera gulung tikar pada 31 Mei 2019 mendatang.

Cukup disayangkan, namun, BlackBerry Messenger ternyata tidak mampu menghadirkan fitur kekinian untuk aplikasi ini. Wajar jika aplikasi ini justru ditinggalkan.

Untuk sedikit throwback, berikut beberapa fitur-fitur keren BlackBerry Messenger yang tentunya mampu membuatmu kangen dengan aplikasi satu ini.

1. PIN

Blackberry messenger. (Shutterstock)

Jika sekarang kamu lebih familiar dengan saling tukar nomor WhatsApp, dulu saat BlackBerry Messenger begitu booming, kamu pasti tidak asing dengan yang namanya PIN.

Aplikasi BlackBerry Messenger memang diketahui menggunakan metode PIN-to-PIN yang membuat penggunanya saling terhubung satu sama lain. Pada dasarnya, setiap pengguna BlackBerry Messenger memiliki PIN atau personal identification number yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf.

Untuk bisa saling terhubung dan menjalani komunikasi, pengguna BlackBerry Messenger perlu untuk saling bertukar PIN.

2. Status dan Display Picture

Blackberry messenger. (Shutterstock)

Jika WhatsApp baru saja punya fitur Status, jauh sebelum itu, BlackBerry Messenger juga memiliki fitur yang sama. Melalui fitur ini, pengguna bisa membuat status apa pun yang secara otomatis akan muncul di timeline kontak BBM.

Dari menonton film, mendengarkan musik, status galau, quote, semuanya bisa kamu tampilkan dalam kolom satu ini.

Selain itu, saat kamu mengganti display picture pada BlackBerry Messenger milikmu, notifikasi tersebut akan secara otomatis masuk ke timeline kontak BBM.

3. Broadcast

BlackBerry. (HiTekno/Amelia Prisilia)

Satu yang tidak ketinggalan dari fitur BlackBerry Messenger yang sempat booming adalah broadcast message. Biasanya, pengguna BBM akan mengirimkan satu pesan ke seluruh kontak yang ia punya.

Biasanya fitur ini digunakan untuk kamu yang suka melakukan promote untuk PIN BBM rekanmu sesama pengguna BBM.

4. PING!

BlackBerry Curve 8520 Gemini. (Amazon)

Fitur yang mungkin akan sangat kamu rindukan dari BlackBerry Messenger adalah PING!. Fitur ini sangat berguna untuk kamu yang buru-buru dan membutuhkan balasan secepatnya dari kontak BBM yang ingin kamu hubungi.

Biasanya fitur PING! pada aplikasi BlackBerry Messenger ini akan berwarna merah, lengkap dengan getaran kencang untuk menyadarkan si pengguna untuk segera membuka BlackBerry Messenger.

Selain itu, fitur ini juga sering digunakan untuk melakukan koneksi internet atau jaringan. Jika jaringan oke, PING! ini akan langsung terkirim secara otomatis.

5. Nada notifikasi BBM

BlackBerry Storm. (Wikipedia/aaltonen)

Satu yang tidak bisa dilepaskan dari BlackBerry Messenger dan menjadi ikon aplikasi ini adalah nada notifikasinya yang sangat khas.

Hanya mendengarnya sekali, kamu akan tahu jika bunyi tersebut berasal dari BlackBerry Messenger yang kamu punya.

Sayangnya, saat booming, bunyi BlackBerry Messenger ini sering digunakan oleh pengguna lainnya. Wajar jika kamu sering dibuat bingung saat mendengar bunyi ini di keramaian.

Itu tadi deretan fitur-fitur keren BBM atau BlackBerry Messenger yang mungkin akan kamu rindukan saat aplikasi ini nantinya akan berhenti beropasi. Goodbye BBM!

BACA SELANJUTNYA

11 HP Murah dengan Memori Internal 256 GB Terbaru 2023