Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 01 Mei 2019 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Chipset Kirin 980 memang punya performa tinggi, namun terbilang sudah ketinggalan dari chipset baru Qualcomm. Karena itu, Huawei siapkan Kirin 985 dengan modem 5G.

Dikutip dari GSM Arena, chipset baru Huawei ini telah disiapkan untuk diproduksi massal. Dengan kata lain tak lama lagi sudah ada smartphone Huawei yang memakainya.

Kirin 985 sendiri banyak jadi penerus Kirin 980 sebagai chipset smartphone flagship Huawei. Yang nantinya, bakal disematkan modem 5G.

Chipset baru Huawei ini akan diproduksi dengan metode FC-PoP atau FlipChip Package-on-Package yang memungkinkan untuk membuat tumpukan transistor secara vertikal.

Dikombinasikan dengan proses Extreme UltraViolet, yang memungkinkan untuk meningkatkan kerapatan transistor hingga 20 persen.

Ilustrasi Huawei Kirin 985. (Right Brother)

Hasilnya, Huawei dapat menciptakan chipset baru dengan performa yang lebih baik namun memiliki konsumsi daya yang lebih rendah.

Proses manufaktur chipset Kirin 985 ini bakal dimulai pada kuartal ketiga 2019. Jika berjalan sesuai jadwal, smartphone baru Huawei akan siap pada Oktober 2019.

Kemungkinan besar, chipset baru ini bakal digunakan pertama kali untuk smartphone Huawei Mate terbaru. Diduga bakal untuk Huawei Mate 30 nanti.

Disebutkan kalau chipset ini ditargetkan untuk bersaing dengan chipset Apple A13. Mampukah chipset baru Huawei ini menyainginya?

Kita tunggu saja kehadiran chipset baru Huawei Kirin 985 dengan mode 5G yang dijanjikannya. Apakah benar Huawei Mate 30 bakal menargetkan iPhone baru sebagai saingannya?

BACA SELANJUTNYA

Mengenal Exynos 2200, Chipset yang Jadi Otak Samsung Galaxy S23 FE