Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 08 Mei 2019 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Google telah resmi mengenalkan smartphone baru mereka. Google Pixel 3a yang hadir sebagai versi murah dari Google Pixel 3. Lalu pilih mana Google Pixel 3a vs Google Pixel 3 ini?

Bersama Google Pixel 3a, hadir pula Google Pixel 3a XL. Yaitu versi lebih murah dari Google Pixel 3 XL yang lebih dulu hadir.

Meski hadir lebih murah, bukan berarti smartphone Google ini tidaklah menarik. Cita rasa smartphone Google tetap dapat dirasakan dari Pixel 3a.

Kamu tetap akan merasakan antarmuka Google Pixel yang bersih karena stock Android. Dan aplikasi kamera yang jadi andalan smartphone Google Pixel lainnya.

Selain itu juga menawarkan keindahan layar OLED beresolusi Full HD+ yang sama dengan kerapatan pixel tinggi. Dan sama-sama tak memiliki poni atau notch.

Smartphone Google Pixel 3a dan Google Pixel 3a XL. (Google)

Smartphone Google Pixel 3a dihargai mulai dari 399 dolar AS atau sekitar Rp 5,7 jutaan. Sedangkan Google Pixel 3 harga resminya mulai dari 799 dolar AS atau Rp 11,4 jutaan.

Namun harga dua smartphone Google di atas adalah harga jual langsung dari Google. Kedunya sama-sama belum resmi masuk ke Indonesia. Karena itu di Indonesia harganya akan sangat berbeda.

Lalu apa perbedaan dari Google Pixel 3a vs Google Pixel 3 selain pada harganya? Tentu saja ada banyak perbedaan. Lebih lengkapnya simak berikut ini.

Spesifikasi

Smartphone Google Pixel 3a. (Google)

Pastinya Google Pixel 3a punya spesifikasi yang lebih rendah, yaitu mengandalkan Qualcomm Snapdragon 670 berisi octa-core (2x2,0 GHz dan 6x1,7 GHz) dan GPU Adreno 612.

Sedangkan Google Pixel 3 memakai Snapdragon 845 barisi octa-core (4x2,5 GHz dan 4x1,6 GHz) dan GPU Adreno 630. Keduanya sama-sama dilengkapi RAM 4 GB saja.

Nampak spesifikasi keduanya beda kelas. Akan lebih terasa lagi perbedaannya ketika main game. Tapi nampaknya tak banyak orang beli Google Pixel untuk main game.

Material Body

Smartphone Google Pixel 3a. (Google)

Google Pixel 3 memakai material body belakang kaca dengan frame almunium dan kaca layar dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Sedangkan Google Pixel 3a memakai body belakang berbahan polycarbonate alias plastik. Lalu layarnya mendapat perlindungan dari Asahi Dragontrail.

Google Pixel 3 hadir dengan proteksi water resistant, namun tidak dengan Google Pixel 3a. Walau begitu, keduanya tetap memiliki fitur Active Edge.

Smartphone Google Pixel 3 hadir dengan material yang lebih premium. Sedangkan Google Pixel 3a harus rela karena beda kualitas material untuk memangkas harga.

Audio

Smartphone Google Pixel 3a. (Google)

Keduanya memang memakai dual speaker, namun Google Pixel 3a memindahkan speaker satunya yang seharusnya mengarah ke depan menjadi ke bawah.

Tapi, smartphone Google Pixel 3a memiliki jack audi 3,5 mm yang tidak dimiliki Google Pixel 3. Namun tetap, dua speaker mengarah ke depan di Google Pixel 3 lebih mantap.

Baterai dan Charger

Smartphone Google Pixel 3a. (Google)

Google Pixel 3a mengusung baterai dengan kapasitas sedikit lebih besar, yaitu 3.000 mAh. Sedangkan Google Pixel 3 hanya 2915 mAh saja.

Keduanya telah memakai port USB type-C dan dukungan fast charging 18 watt. Namun USB yang dipakai Google Pixel 3a masih versi 2.0 sedangkan Google Pixel 3 telah versi 3.1.

Yang paling mencolok, tidak adanya dukungan wireless charging di Google Pixel 3a. Ya pasti karena ingin memangkas harga jualnya.

Kamera

Smartphone Google Pixel 3a. (Google)

Kamera adalah faktor penting kenapa orang membeli smartphone Google. Hanya dengan kamera tunggal namun dapat menghasilkan foto yang berkualitas tinggi.

Untuk kamera utama, keduanya mengusung fitur dan spesifikasi mirip. Sensor 12 MP f/1.8 OIS dual pixel PDAF dan lensa wide 28 mm.

Bedanya ada di kamera selfie. Google Pixel 3a hanya memakai kamera tunggal 8 MP f/2.0 lensa wide 24 mm. Google Pixel 3 memakai kamera selfie ganda 8 MP f/1.8 lensa wide 28 mm dan 8 MP f/2.2 lensa ultrawide 19 mm.

Namun keduanya tetap mendapatkan aplikasi kamera yang sama dengan fitur-fitur sama. Dari Night Sight, Portrait Mode, Depth Editor, dan Color Pop.

Smartphone Google Pixel 3a. (Google)

Itulah perbedaan antara Google Pixel 3a vs Google Pixel 3. Smartphone baru Google yang hadir dengan harga lebih terjangkau. Pilih mana?

BACA SELANJUTNYA

Google Pixel Fold Debut di Bulan Ini, Varian Memori Terungkap ke Publik