Jum'at, 27 Mei 2022
Agung Pratnyawan : Selasa, 04 Juni 2019 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2019, Apple meluncurkan Mac Pro baru. Peluncuran Mac Pro 2019 ini mendapat respon positif saat WWDC 2019.

Diluncurkan dengan harga 5,999 dolar AS atau sekitar Rp 85 juta, Mac Pro 2019 memang ditenagai banyak teknologi baru dan sederet fitur menarik.

Dari Prosesor Intel Xeon, RAM 32 GB, hingga kartu grafis AMD WX 7100, dan kemudahan untuk upgrade. Apple lebih mendukung kemampuan upgrade Mac Pro 2019 ini di banding sebelumnya.

Jika Mac Pro sebelumnya berdesain silinder hingga disebut Mac Pro tong sampah, kini desainnya berubah. Mac Pro 2019 kembali ke desain kotak ala desktop PC.

Dengan desain kotak ini, Apple mengklaim lebih mudah untuk melakukan upgrade hardware di dalamnya. Namun ada masalah besar dari desain Mac Pro 2019 ini.

Pada bagian muka Mac Pro 2019 ini, Apple memberikan aksen lubang-lubang yang membuatnya tampil stylis. Tidak terkesan polos seperti kebanyakan produk Apple.

Lubang-lubang sebagai jalur ventilasi udara inilah masalah utamanya. Bukan masalah teknis, namun masalah yang sangat menyusahkan bagi sejumlah orang.

Apple Mac Pro 2019 di WWDC 2019. (Apple)

Siapa? Mereka yang mengidap Trypophobia, atau phobia pada lubang-lubang kecil. Pada umumnya mereka akan merasa tak nyaman melihat banyak lubang-lubang seperti ini.

Trypophobia, memang kelihatan aneh dan tidak sebanyak phobia ketinggian dan kegelapan. Namun tidak bisa disebutkan sedikit pengidapnya.

Karena Trypophobia kecenderungannya tidak disadari. Namun ketika mereka melihat sekelompok lubang beraturan maupun tidak, akan mengalami gejala-gejalanya.

Beberapa gejala yang dirasakan Trypophobia mulai dari jijik, takut, tidak nyaman. Hingga pada merinding, kulit gatal, geli, berkeringat, mual, dan panik.

Hal serupa terjadi pada desain belakang smartphone Nokia 9 PureView. Desain kamera belakang yang banyak ini menimbulkan ketakutan dan rasa tak nyaman pada penderita Trypophobia.

Nokia 9 PureView. (YouTube/Nokia Mobile)

Apalagi dengan tampang depan Mac Pro 2019 yang diluncurkan Apple di ajang WWDC 2019 ini. Tidak hanya di depan, ternyata bagian belakangnya juga punya desain serupa.

Tidak cukup di situ, Apple juga meluncurkannya bersama dengan layar baru. Apple Pro Display, memiliki desain lubang-lubang yang sama di bagian belakang.

Tak berselang lama dari peluncuran Apple Mac Pro 2019 ini, banyak pihak yang menyoroti masalah desain ini. Banyak yang mengungkapkan desain ini bermasalah bagi pengidap Trypophobia.

Kalau kamu sendiri, apakah bermasalah dengan desain Mac Pro 2019 ini? Atau termasuk yang tak sanggup melihatnya karena Trypophobia?

BACA SELANJUTNYA

Lebih Baik dari Seri Sebelumnya, Kamera iPhone 14 Bawa Peningkatan Ini