Jum'at, 27 Mei 2022
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 04 Juni 2019 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gelaran WWDC 2019 yang tengah berlangsung di California, Amerika Serikat menjadi ajang yang tepat untuk Apple memperkenalkan berbagai produk dan fitur terbaiknya. Salah satunya adalah Mac Pro 2019 yang datang dengan berbagai kecanggihan.

Dilansir dari The Verge, belajar dari kesalahan yang banyak dibuatnya dengan Mac Pro 2013, Apple menjanjikan perubahan dan pembaruan terbaik dengan Mac Pro anyarnya ini.

Mac Pro 2019 dari Apple ini datang dengan membawa desain baru yang sayangnya membuat perangkat anyar ini mengalami kemunduran jika dibandingkan dengan Mac Pro 2013.

Namun, secara interior, Mac Pro 2019 menjanjikan bentuk yang lebih fleksibel dan mampu mengatasi masalah desain Mac Pro sebelumnya.

Desain baru Mac Pro 2019 ini disebut-sebut menggunakan kerangka baja stainless dengan gagang halus dan kerangka aluminium yang dapat terangkat untuk akses 360 derajat pada seluruh sistem.

Pola kisi Mac Pro 2019. (Apple)

Di bagian rumah komputer Mac Pro 2019, dilengkapi dengan pola kisi yang disebut parutan keju. Sistem ini bertugas untuk memaksimalkan aliran udara dan pengoperasian yang lebih senyap.

Mengenai dapur pacu, Mac Pro 2019 ini menggunakan prosesor intel xeon yang bertenaga 28 core dengan daya 300 watt dan mesin pendingin. Fitur ini membuat Mac Pro 2019 dapat bekerja tanpa kendala dan daya penuh setiap saat.

Ke memori, kapasitas Mac Pro 2019 dapat dimaksimalkan hingga 1.5 TB dengan enam saluran di 12 slot DIMM. Grafis Mac Pro 2019 ini dilengkapi dengan AMD WX 7100.

Tidak ketinggalan, Apple juga menyediakan delapan slot PCI Express dengan empat di antaranya memiliki lebar ganda untuk mengakomodasi kartu ekspansi yang lebih besar.

Mac Pro 2019. (Apple)

Makin canggih, Mac Pro 2019 juga dilengkapi dengan dua port USB-C atau Thunderbolt 3 dan dua USB-A yang berada di bagian belakang sistem, serta dua port USB-C yang dapat diakses melalui bagian depan atas.

Total jumlah port USB-C ini lebih banyak jika dibandingkan dengan sistem dan casing PC desktop lainnya.

Bersamaan dengan Mac Pro 2019, Apple juga merilis modul ekspansi, Modul MPX yang mendapat banyak keuntungan dari tulang punggung Thunderbolt 3 yang dibangun Apple melalui motherboard untuk memberikan daya tambahan dan konektivitas berkecepatan tinggi.

Modul MPX sendiri merupakan kartu PCle quad dengan lebar besar sesuai kartu grafis. Modul ini juga memiliki heat sink khusus dan konektor Thunderbolt khusus.

Mac Pro 2019 ini mulai dijual dengan harga 5.999 dolar AS atau setara dengan Rp 85 juta dan baru dapat dipesan pada musim gugur mendatang.

BACA SELANJUTNYA

Didatangkan Kembali, iOS 15.5 Kembangkan Fitur Terbaru di Apple Music