Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 13 Juni 2019 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China nampaknya membuat susah banyak perusahaan. Termasuk Foxconn yang memproduksi iPhone untuk Apple.

Diwartakan Bloomberg, AS memberlakukan tarif baru untuk produk yang berasal dari China. Hal ini berdampak pada harga iPhone dan iPad yang diproduksi Foxconn di China.

Dampak dari perang dagang ini memaksa Foxconn untuk menyiapkan rencana terburuk. Perusahaan Taiwan tersebut, telah bersiap untuk memindahkan produksinya ke luar China.

Terutama untuk produksi produk-produk Apple yang dipercayakan pada Foxconn. Jika diperlukan, mereka bersiap memproduksinya di luar China.

Mengutip dari GSM Arena, Foxconn sangatlah penting bagi Apple. Hanya perusahaan ini mempunyai kapasitas produksi yang mampu memenuhi kebutuhan Apple.

Kepala divisi semicunduktor Foxconn, Young Liu mengatakan 25 persen kapasitas produksi mereka telah berlokasi di luar China.

Perusahaan ini jug telah siap untuk membantu apple memenuhi permintaan produk di pasar AS. Jika diperlukan, Foxconn juga siap memindahkan produksi iPhone dan iPad ke luar China.

Apple iPhone XS Max. (Pakutaso)

Di lain pihak, Apple sendiri belum menginstruksikan untuk pemindahan produksi ke luar China. Namun Young Liu menambahkan mereka bersiap pada kemungkinan terburuk.

Petinggi Foxconn malah telah bersiap untuk mengembangkan relasi dagang setelah menandatangani kontrak dengan pemerintah AS untuk membuka fasilitas di Wisconsin, AS.

Dengan fasilitas produksi Foxconn ini, bisa membuka lebih dari 2.000 lapangan kerja baru di AS. Yang nantinya akan memproduksi perangkat untuk pasar dalam negeri AS.

Tak hanya itu, Foxconn juga telah membuka pabrik di Chennai, India. Pabrik memang belum resmi memproduksi untuk Apple, namun telah memasuki masa pengujian.

Apple iPhone 6S

Saat ini hanya Wistron yang melakukan perakitan iPhone di India, namun untuk model lama seperti iPhone 6s. Dan produksinya ditujukan untuk pasar lokal India.

Dapat terlihat, secara perlahan namun pasti Apple telah membuka kemungkinan produksi iPhone dan iPad di luar China. Baik melalui Foxconn maupun Wistron.

Tidak menutup kemungkinan jika perang dagang AS dan China makin memburuk, Apple dan Foxconn sudah siap di tempat lain untuk produksi iPhone dan iPad.

BACA SELANJUTNYA

Update Harga iPhone 11 Pro Max Juni 2023, Apakah Masih Layak Beli?