Senin, 29 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 20 Juni 2019 | 14:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Belum lama ini, raksasa elektronik China, Xioami kedapatan mencuri karya seorang seniman secara terang-terangan yang menggabungkan tiga karya sekaligus untuk mempromosikan perangkatnya.

Tiga karya seni 3D ini digunakan dalam unggahan di situs website resmi Xiaomi Spanyol di beranda.

Dilansir dari laman The Verge, pemilik karya 3D, Peter Tarka mengatakan bahwa ia menciptakannya pada Mei 2018 sebagai bagian dari koleksi instalasinya.

Terlihat dari unggahan di website tersebut, tampaknya seniman Xiaomi nyaris tak mengubah apa pun.

Siang ini, Kamis (20/6/2019) pihak Xiaomi mengonfirmasi langsung mengenai insiden tersebut.

Xiaomi. (Xiaomi Spanyol)

Pihak Xiaomi telah melakukan investigasi terhadap komentar dari Peter Tarka terkait penyalahgunaan karya seninya pada situs Xiaomi Spanyol.

''Xiaomi menemukan bahwa terdapat seorang desainer Xiaomi yang menggunakan desain milik Peter Tarka tanpa izin. Xiaomi telah menghapus konten tersebut dari situs terkait dan segera memberhentikan karyawan yang bersangkutan.'' tulisnya dalam keterangan pers.

Xiaomi juga telah menyampaikan permintaan maaf langsung kepada Peter Tarka atas ketidaktelitian perusahaan terkait proses penyetujuan konten.

Pihak Xiaomi juga mengatakan, tindakan karyawan tersebut bertentangan dengan nilai-nilai yang dipegang teguh oleh Xiaomi.

''Xiaomi akan memperbaiki proses persetujuan internal terkait konten apapun agar kejadian ini tidak terulang kembali.'' lanjut pihak Xiaomi.

BACA SELANJUTNYA

Dibekali HyperOS dan Optik Leica Generasi Terbaru, Xiaomi 14 Akhirnya Rilis Resmi di Indonesia