Jum'at, 19 April 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa | Amelia Prisilia : Sabtu, 22 Juni 2019 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seperti yang diketahui bersama, smartphone memang memberikan paparan radiasi paling tinggi untuk penggunanya. Statista belum lama ini kembali meluncurkan daftar smartphone dengan radiasi tertinggi. Mengejutkan, daftar ini dipuncaki oleh salah satu smartphone Xiaomi.

Dampak buruk paparan radiasi bagi kesehatan manusia sangat berbahaya hingga mampu menyebabkan kematian. Dampak lainnya untuk kesehatan yaitu dapat menyebabkan mandul, kanker, hingga kerusakan otak.

Masalah radiasi smartphone ini merupakan hal serius yang perlu ditangani. Pasalnya, manusia modern saat ini sangat sulit untuk lepas dari perangkat smartphone. Setiap aktivitas bahkan dilakukan dengan menggunakan perangkat praktis ini.

Sedangkan menurut CNET, radiasi yang dikeluarkan oleh smartphone datang saat perangkat tengah bekerja untuk mengirim sinyal. Kondisi ini semakin berbahaya mengingat smartphone begitu dekat dengan setiap bagian tubuh manusia saat digunakan maupun tidak digunakan.

Selain mengeluarkan radiasi tinggi saat mengirim sinyal, smartphone juga bekerja mengeluarkan radiasi paling banyak saat digunakan untuk menerima panggilan telepon.

Belum lama ini, The German Federal Office for Radiation Protection memberikan data ke Statista mengenai smartphone dengan radiasi tertinggi. Mengejutkan, nama smartphone asal China, Xiaomi Mi A1 menempati urutan pertama.

Berdasarkan data Statista ini, berikut penjelasan mengenai lima besar smartphone dengan radiasi tertinggi yang sudah tim HiTekno rangkum untuk kamu.

1. Xiaomi Mi A1

Xiaomi Mi A1. (Mi.com)

Sama seperti data sebelumnya, Xiaomi Mi A1 menempati urutan pertama sebagai smartphone dengan radiasi tertinggi. Berdasarkan data, perangkat ini memiliki kadar SAR mencapai 1,75 W/kg. Ini sangat tinggi dan jauh dari angka yang dianjurkan yaitu 1,6 W/kg.

2. OnePlus 5T

OnePlus 5T. (OnePlus)

Tidak jauh berbeda dari Xiaomi Mi A1, OnePlus 5T juga masih menempati urutan kedua sebagai smartphone dengan radiasi tertinggi. Perangkat ini mencetak angka SAR mencapai 1,68 W/kg yang tentunya juga jauh di atas angka yang dianjurkan Federal Communications Commission (FCC).

3. Xiaomi Mi Max 3

Xiaomi Mi Max 3. (Xiaomi)

Menggantikan Huawei Mate 9, Xiaomi Mi Max 3 menempati urutan ketiga sebagai smartphone dengan radiasi tertinggi. Xiaomi Mi Max 3 mendapatkan angka SAR mencapai 1,58 W/kg. Xiaomi mengklaim jika perangkatnya ini sangat cocok digunakan untuk bermain game.

4. OnePlus 6T

OnePlus 6T. (OnePlus)

Bersaing dengan Xiaomi, smartphone selanjutnya dari OnePlus adalah OnePlus 6T yang menempati urutan keempat sebagai smartphone dengan radiasi tertinggi. Perangkat OnePlus ini mencetak angka SAR mencapai 1,55 W/kg, hanya sedikit di bawah Xiaomi Mi Max 3.

5. HTC U12 Life

HTC U12 Life. (HTC)

Urutan kelima ditempati oleh HTC U12 Life dengan kadar SAR mencapai 1,48 W/kg. Sama dengan smartphone lainnya, HTC U12 Life juga memberikan kadar radiasi tertinggi yang berada jauh di atas angka standar 1,6 W/kg.

Untuk lebih lengkapnya mengenai smartphone dengan radiasi tertinggi, simak tabel yang sudah tim HiTekno lansir dari Statista di bawah ini, ya.

Smartphone dengan radiasi tertinggi. (Statista)

Dari tabel, terlihat beberapa smartphone lainnya seperti Xiaomi Mi Mix 3, Google Pixel 3 XL, OnePlus 5, iPhone 7, Sony Xperia XZ1 Compact, HTC Desire 12/12+, Google Pixel 3, OnePlus 6, iPhone 8, Xiaomi Redmi Note 5, dan ZTE Axon 7 Mini.

Angka paling kecil dari deretan smartphone dengan radiasi tertinggi ini dikantongi ZTE Axon 7 Mini dengan angka 1,29 W/kg.

Deretan smartphone di atas sudah dipastikan memberikan paparan radiasi yang tinggi. Namun, semuanya kembali lagi ke penggunaan smartphone kamu. Jika berlebihan, siap-siap terkena paparan radiasi yang berlebihan juga. Be smart with your smartphone!

BACA SELANJUTNYA

Penjualan Perdana, Lebih dari 3.000 Unit Xiaomi 14 Ludes dalam Sehari