Selasa, 30 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Sabtu, 29 Juni 2019 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Chief Design Officer Apple, Jony Ive menghebohkan dunia dengan kabar pengunduran dirinya pada Jumat (28/6/2019) lalu. Nama Jony Ive bahkan merajai kolom Trending Topik di Twitter.

Dampak hengkangnya ini ternyata juga berpengaruh pada saham perusahaan Steve Jobs yang anjlok hingga 9 miliar dolar AS.

Terkesan dadakan dan mengejutkan, banyak yang mempertanyakan hengkangnya Jony Ive dari Apple setelah bertahun-tahun berkarya bersama berbagai produk unggulan perusahaan teknologi ini.

Kabar hengkangnya Jony Ive dari Apple setelah dua dekade mengabdi ini disampaikan secara resmi oleh CEO Apple, Tim Cook.

Tim Cook menyebut jika Jony Ive merupakan sosok yang desain dan perannya sangat berpengaruh pada Apple dan segala produknya. Dimulai dari masa kejayaan iMac di tahun 1998 hingga iPhone.

Ilustrasi Apple iMac. (unsplash/@afroblue)

Memutuskan hengkang, Jony Ive disebutkan akan fokus menjalankan perusahaan desain independen miliknya sendiri bernama LoveFrom. Perusahaan ini dibangun bersama rekan desainernya yaitu Marc Newson.

Walaupun begitu, Tim Cook memastikan bahwa hubungan kerja sama antara Apple dan Jony Ive akan terus terjalin meski sudah berbeda perusahaan.

Hal ini dibuktikan dengan Apple yang secara resmi menjadi klien pertama dari perusahaan bentukan Jony Ive ini.

Rasa kuat milik Jony Ive yang dituangkan pada setiap produk Apple jelas menjadi magnet kuat di balik populernya perangkat-perangkat ini.

Jony Ive dikenal sebagai salah satu pencetus dan sosok penting yang bertanggung jawab untuk seluruh desain Apple seperti iPhone dan Mac.

Jony Ive. (Apple)

Meski tidak langsung memutuskan kerja sama, berita mengenai hengkangnya Jony Ive dari Apple ini rupanya memberikan pengaruh cukup besar bagi penikmat produk Apple. Pasalnya, saham Apple langsung turun senilai 1 persen di pasaran akibat kabar ini.

Berdasarkan laporan CNBC, dalam waktu 2 jam, saham Apple mengalami penurunan mencapai 9 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 113 triliun.

Tidak diketahui dengan pasti bagaimana nasib Apple usai ditinggal Jony Ive. Namun, Tim Cook secara resmi memastikan jika taste Jony Ive akan masih terasa dalam setiap perangkat Apple yang dirilis.

BACA SELANJUTNYA

Hello Store Kini Jadi Tempat Servis iPhone, iPad, dan Mac