Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 07 Juli 2019 | 14:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perang kamera smartphone makin lama makin panas. Bukan lagi soal berapa jumlah kamera, namun berapa jangkauan zoom. Seperti Huawei dan Oppo Reno hadir dengan optical zoom.

Berbeda dengan digital zoom, optical zoom menawarkan kualitas foto yang lebih baik. Namun bukan perkara mudah dalam membuatnya.

Huawei P30 Pro dan Oppo Reno 10x Zoom memberikan mekanisme kamera periskop. Sistem periskop ini memungkinkan untuk membuat lensa telephoto dengan wujud tetap tipis.

Namun ternyata, Huawei P30 Pro dan Oppo Reno 10x Zoom bukan yang pertama. Ada smartphone Samsung lain yang lebih dulu memiliki kemampuan optical zoom.

Ada Samsung Galaxy S4 Zoom yang telah diluncurkan Juli 2013 yang lalu. Smartphone Samsung ini memiliki jangkauan zoom 24 mm hingga 240 mm, alias 10x optical zoom.

Menariknya lagi, kamera smartphone Samsung Galaxy S4 Zoom ini memakai sensor 16 MP. Tak cukup itu, lensanya memiliki Optical Image Stabilization (OIS).

Samsung Galaxy S4 Zoom dengan optical zoom. (Samsung)

Smartphone Samsung Galaxy S4 Zoom adalah pengembangan dari prototipe Samsung Galaxy Camera GC100 yang sudah diperkenalkan sejak November 2012.

Selanjutnya, diikuti dengan hadirnya Samsung Galaxy Camera 2 GC200 pada Januari 2014. Namun perangkat ini bukanlah smartphone, karena tidak ada koneksi seluler.

Baru pada Juni 2014, hadirlah Samsung Galaxy K zoom yang memiliki koneksi seluler. Kamera smartphone ini mendapatkan update dengan sensor 20,7 MP.

Sayangnya keluarga smartphone Samsung dengan kamera canggih ini tidak dilanjutkan. Samsung nampaknya mengubur konsep smartphone optical zoom seperti Samsung Galaxy S4 Zoom ini.

Samsung Galaxy K zoom dan Samsung Galaxy Camera 2 GC200. (HiTekno.com)

Hal ini diduga karena Samsung Galaxy S4 Zoom lebih terlihat seperti kamera poket pada umumnya. Dengan body tebal dan lensa zoom yang menyembul panjang.

Kala itu lebih banyak yang menyebut kalau Samsung Galaxy S4 Zoom adalah kamera poket yang ditanamkan sistem operasi Android dan koneksi seluler.

Meski begitu Samsung Galaxy S4 Zoom ini dianggap revolusioner pada zamannya. Optical Zoom yang jauh dan kualitas foto di atas rata-rata kamera smartphone saat itu.

BACA SELANJUTNYA

Huawei Watch GT 4 Resmi Dipasarkan di Indonesia, Cek Berapa Harga Smartwatch Ini