Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Minggu, 21 Juli 2019 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Belum lama ini, Google diketahui mengambil tindakan tegas dengan menghapus beberapa aplikasi dari Play Store. Alasan Google untuk tindakannya ini adalah karena deretan aplikasi tersebut dianggap memata-matai pengguna dan telah melanggar privasi.

Dilansir dari ZDNET, Kepala Intelijen dan Ancaman Mobile Avast, Nikolaos Chrusaidos mengungkapkan bahwa deretan aplikasi ini tidak seharusnya ada di Play Store dan dapat diunduh secara bebas oleh pengguna.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa aplikasi ini bermasalah untuk privasi karena mempromosikan perilaku kriminal dan dapat disalahgunakan untuk memata-matai pengguna.

Aplikasi-aplikasi yang memata-matai pengguna ini disebut sebagai Stalkerware. Nikolaos Chrusaidos menjelaskan bahwa timnya menggunakan apklab.io dan berkolaborasi dengan Google untuk menghapus aplikasi-aplikasi tersebut.

Deretan aplikasi yang memata-matai penggunanya ini disebut-sebut dibuat oleh developer Rusia. Namun, pemikiran ini masih menjadi prediksi.

Biasanya aplikasi yang memata-matai penggunanya ini dibuat untuk membantu para pengguna untuk memata-matai kerabatnya. Aplikasi seperti ini menggunakan akses lokasi untuk melacak target, lalu mengumpulkan kontak, SMS, hingga riwayat panggilan telepon.

Ilustrasi mata-mata. (pixabay/Free-Photos)

Memberikan izin agar aplikasi semacam ini dapat mengakses lokasi hingga kontak, sama saja dengan membuka jalan bagi pihak tidak bertanggung jawab untuk mengakses privasi kamu.

Berikut beberapa aplikasi yang kini sudah dihapus dari Play Store karena telah melanggar privasi pengguna dengan memata-matai.

1. Track Employees Check Work Phone Online Spy Free

Aplikasi ini digunakan biasanya oleh para atasan untuk memantau pekerja menjadi lebih produktif. Track Employees Check Work Phone Online Spy Free dipakai untuk mengendalikan dan mengawasi waktu kerja.

2. Spy Kids Tracker

Percaya bahwa teknologi dapat digunakan untuk memantau anak-anak, para orangtua biasanya menggunakan Spy Kids Tracker. Tujuan aplikasi ini disebut-sebut dapat membantu melindungi anggota keluarga hanya melalui smartphone.

3. Phone Cell Tracker

Agak serem, Phone Cell Tracker ini adalah aplikasi yang digunakan untuk mengetahui siapa yang sedang dihubungi oleh pasangan, anak-anak, hingga teman kamu.

4. Mobile Tracking

Tidak jauh berbeda dengan Phone Cell Tracker, Mobile Tracking ini juga dapat digunakan untuk memantau apa saja yang dilakukan kerabatmu dengan perangkatnya.

5. Spy Tracker

Spy Tracker dibuat dengan tujuan untuk memantau anak-anak saat menggunakan perangkat smartphone. Walaupun digunakan untuk memantau anak-anak, aplikasi ini rupanya cukup berbahaya lho.

6. SMS Tracker

Aplikasi SMS Tracker ini digunakan untuk memantau panggilan, pesan singkat, hingga browser history perangkat orang lain dari jauh.

7. Employee Work Spy

Sama seperti Track Employees Check Work Phone Online Spy Free, Employee Work Spy juga digunakan untuk atasan memantau pekerjanya.

Melihat bagaimana deretan aplikasi ini memata-matai penggunanya, cukup melegakan ketika mengetahui bahwa aplikasi ini akhirnya dihapus oleh pihak Google.

BACA SELANJUTNYA

Aplikasi Kalender Jawa, Memudahkan Penanggalan