Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 23 Juli 2019 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jual barang secara COD atau Cash on Delivery dianggap paling aman. Pasalnya jika COD pembeli dan penjual bertemu langsung tanpa perantara.

Pembeli bisa melihat langsung dan menilai barang yang hendak dibelinya. Sedangkan penjual juga yakin langsung dapat uang pembayarannya.

Namun tak selamanya COD aman dan tidak ada masalah. Seperti pria asal Malaysia ini yang jual iPhone miliknya kepada pembeli secara COD.

Namun malang menimpanya, pria ini malah kena tipu pembeli asal Malaysia juga. Uang yang dibayarkan untuk beli iPhone tersebut, ternyata uang palsu.

Ia mempostingkan kisah ini ke Twitter lewat akun @aliffshamrazali. Kisah ini pun membuat netizen Malaysia lainnya kaget hingga viral di Twitter.

Dalam tweet yang viral di Twitter ini, ia menceritakan kalau jual iPhone miliknya seharga 2.000 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 6,7 juta.

Ia mengungkap kalau jual iPhone tersebut di situs Mudah.my yang mempertemukannya dengan pembeli. Keduanya akhirnya bertemu untuk transaksi.

Jual iPhone kena tipu uang palsu. (Twitter/ @aliffshamrazali)

Awalnya ia tidak curiga, karena COD terhitung aman. Ia jug tidak menyadari kalau menerima uang palsu dari pembeli tersebut.

Hal ini terungkap setelah pria tersebut menyetorkan uang hasil jual iPhone tersebut ke bank. Petugas bank pun langsung menyadari kalau itu adalah uang palsu.

Nampak dari foto yang dipostingkannya menampilkan uang kertas pecahan 100 ringgit Malaysia. Terlihat kalau serial number uang tersebut sama semua.

Berdasarkan rangkaian tweet yang viral di Twitter ini, ia juga telah membuat laporan kepada pihak berwenang mengenai kasus ini.

Jual iPhone kena tipu uang palsu. (Twitter/ @aliffshamrazali)

Itulah kasus penipuan uang palsu yang dialami pria Malaysia tersebut. Kita harus berhati-hati jika melakukan transaksi, termasuk jika dilakukan secara COD.

BACA SELANJUTNYA

Profil dan Biodata Dibo, Roster Berhijab Asal Malaysia yang Curi Perhatian di SEA Games 2023