Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 26 Juli 2019 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Smartphone ternyata tak hanya membuat penggunanya kecanduan, namun juga menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya dapat berdampak pada kecantikan hingga menyebabkan kerusakan parah pada kulit. 

Apa saja? Ini dia beberapa masalah kulit yang mungkin terjadi akibat penggunaan smartphone, dan cara untuk mengatasinya, seperti yang dilansir Times of India.

1. Kerutan di sekitar mata
Kamu mungkin menyadari, kerutan kecil yang muncul di sekitar mata, yang seharusnya baru muncul di usia 30-an, ternyata muncul lebih cepat, bahkan sejak usia 20-an.

Ilustrasi kerutan di sekitar wajah. (Sumber: Shutterstock)

Ini terjadi saat kamu terus-terusan memelototi layar posel sepanjang hari dan terus menerus memicingkan mata untuk membaca di smartphone. Belum lagi otot-otot mata harus berkontraksi untuk melihat dengan fokus.

Lalu apa yang dapat Anda lakukan? Selain mengurangi waktu dengan gadget, sering-seringlah mengistirahatkan mata dan gunakan gel lidah buaya di bawah mata Anda. Biarkan gel lidah buaya selama 15 menit dan kemudian bilas wajah dengan air dingin.

2. Jerawat
Selain kerutan, jerawat bisa mudah tumbuh. Layar smartphone yang kotor ibarat magnet bagi bakteri.

Smartphone ternyata bisa memicu jerawat. (Shutterstock)

Jadi, saat mengangkat telepon dan menempelkannya ke telinga, bakteri di kulit akan pindah ke layar ponsel, dan kembali menginfeksi saat menerima telepon berikutnya.

Apa yang bisa Anda lakukan? Coba gunakan headphone untuk menerima panggilan telepon. Bersihkan ponsel Anda sesering mungkin dengan kain mikrofiber, dan bersihkan wajah dengan produk anti jerawat seperti benzoil peroksida dan asam salisilat.

3. Kulit pucat
Kulit pucat berarti kulit yang telah kehilangan warna kulit alaminya. Ini dapat membuat kulit tampak kuning atau coklat yang berbeda dengan warna kulit asli.

Ilustrasi: wajah pucat bisa disebabkan seringnya terpapar smartphone. [shutterstock]

Ingat, kulit pucat bukanlah tanda penuaan. Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan ponsel pintar Anda dapat membuat kulit kusam pucat.

Apa yang bisa Anda lakukan? Jangan gunakan ponsel dua jam sebelum tidur, dan hidrasi diri Anda dengan baik sepanjang hari.

4. Lipatan leher
Terus menunduk untuk memeriksa smartphone dapat menyebabkan masalah lain, yaitu lipatan di leher.

Ilustrasi lipatan pada leher. (Pexels)

Gerakan berulang yang tidak disengaja ini menyebabkan kulit di leher berkerut halus dan kehilangan elastisitasnya. Ini ditandai dengan rasa sakit yang konstan di leher.

Apa yang bisa kamu lakukan? Jangan menekuk leher untuk melihat ponsel Anda, melainkan pegang smartphone setinggi mata. Berlatihlah untuk menguatkan leher kamu.(Suara.com/Dinda Rachmawati)

BACA SELANJUTNYA

Netizen Nyinyir ke Pemenang Mrs Russia, Tuduh Oplas hingga Kecewa dengan Sosok Aslinya