Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Sabtu, 10 Agustus 2019 | 16:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Maraknya kasus baterai smartphone meledak memang membuat siapa saja khawatir saat menggunakan perangkat komunikasi ini. Menghindari hal ini terjadi, perlu pemahaman mengenai penyebab baterai smartphone meledak.

Beberapa faktor memang mempengaruhi hingga baterai smartphone bisa meledak. Masalah pembuatan hingga cara penggunaan bisa menjadi penyebab baterai smartphone sewaktu-waktu bisa meledak dan mencelakai penggunanya.

Secara ilmu fisika, makin besar daya penyimpanan energi, maka makin besar juga daya yang digunakan saat bereaksi terhadap beberapa hal yang dapat memicu ledakan.

Khusus untuk kamu, berikut beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebab baterai smartphone meledak. Sebaiknya, pelajari dan selalu waspada ya.

1. Bahan baterai smartphone yang memang berpotensi meledak

Ilustrasi. (pixabay)

Baterai smartphone biasanya adalah lithium-ion atau Li-ion. Poros polypropylene pada baterai Li-ion ini biasanya bertugas untuk mengamankan unsur listrik pada baterai.

Kehadiran poros ini berguna untuk menjaga baterai tidak overheat mengingat bahan dasar Li-ion yang mudah terbakar. Memiliki daya yang besar, membuat baterai Li-ion yang ada di smartphone dapat meledak kapan saja jika tidak dalam pemakaian normal.

2. Kesalahan pabrik pada baterai smartphone

Ilustrasi smartphone meledak. (Shutterstock)

Karena sangat sensitif, salah produksi pada baterai Li-ion dapat berakibat fatal bagi penggunaan sehari-hari. Pembuatan baterai di pabrik juga dilakukan dengan perhitungan matang dan super hati-hati.

Hal ini yang mengakibatkan kamu untuk selalu disarankan menggunakan baterai asli bukan palsu saat akan memperbaiki perangkatmu yang rusak.

3. Salah penggunaan

Ilustrasi smartphone kehabisan baterai. (Pixabay)

Jika bukan karena kesalahan pabrik, penyebab baterai smartphone meledak bisa saja karena kesalahan penggunaan.

Beberapa hal sederhana yang dapat memicu terjadinya hal ini adalah karena menjatuhkan perangkat atau menggunakan perangkat di kondisi panas terik sehingga baterai menjadi overheat.

Satu hal mendasar yang sering kali membuat smartphone meledak adalah karena menggunakan perangkat sambil diisi dayanya secara bersamaan, atau menggunakan power bank terus menerus. Hal lainnya adalah karena cabut pasang smartphone saat daya baterai belum penuh.

Ketiga poin di atas bisa menjadi penyebab baterai smartphone meledak dan melukai penggunanya. Perlu diingat, musuh besar dari smartphone biasanya adalah overheat. Jadi, pastikan perangkat kamu untuk selalu tersimpan aman hingga terhindar dari overheat ya.

BACA SELANJUTNYA

Vivo Resmi Jadi Official Exclusive Supplier of Mobile Phones Asian Games Hangzhou 2022