Rabu, 20 November 2019
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Sabtu, 17 Agustus 2019 | 19:00 WIB

Hitekno.com - Kedatangan jaringan 5G memang begitu santer terdengar usai beberapa perusahaan teknologi memutuskan untuk melakukan uji coba. Belum sempat menjajal jaringan 5G, Huawei belum lama ini mengumumkan untuk segera menggarap teknologi jaringan 6G.

Dilansir dari Huawei Central, vendor smartphone asal China ini menjadi perusahaan pertama yang akan menjajal jaringan 6G yang digadang-gadang oleh pemerintah China.

Berdasarkan laporan tersebut, Huawei akan menggarap teknologi jaringan 6G ini di pusat riset dan pengembangan Huawei Labs di Ottawa, Kanada.

Mengenai pengembangannya, saat ini pihak Huawei tengah dalam tahap penelitian terkait teori jaringan 6G yang terbilang masih sangat anyar ini.

Karena hingga saat ini jaringan 5G belum juga rilis, wajar jika banyak yang tidak punya bayangan khusus terkait jaringan 6G ini.

Logo Huawei. (Huawei)

Belajar dari jaringan 4G dan 5G yang akan rilis, jika Huawei benar-benar berniat untuk mengembangkan jaringan 6G, tentu akan ada banyak pekerjaan rumah yang perlu dikerjakan.

Pasalnya, membentuk jaringan super cepat bukanlah perkara yang mudah saat ini. Perlu riset dan pendalaman yang matang untuk sebelumnya mengembangkan jaringan yang ada ke jaringan yang jauh lebih tinggi yaitu jaringan 6G.

Rumor menyebutkan jika demi pengembangan jaringan 6G ini, Huawei bekerja sama dengan lebih dari 13 universitas dan lembaga riset.

Walaupun tengah fokus dengan jaringan 6G yang paling anyar, Huawei mengaku tetap tidak lupa akan pengembangan jaringan 5G yang digadang-gadang akan segera rilis ini.

Logo Huawei. (Huawei)

Demi proyek jaringan 5G ini, Huawei disebut-sebut berinvestasi hingga miliaran dolar AS sejak 2009. Perusahaan ini bahkan sudah mengeluarkan biaya hingga 600 juta dolar AS untuk melakukan riset teknologi jaringan 5G.

Menunjukan komitmen besarnya pada pengembangan jaringan 5G, Huawei diketahui sudah melakukan investasi dengan total biasaya mencapai 2 miliar dolar AS.

Jika dari China ada Huawei yang bersiap merilis jaringan 6G, beberapa perusahaan lain yang ikut mengembangkan jaringan ini adalah Samsung, Nokia, Ericsson, dan SK Telecom.

Menurut rencana, Huawei akan segera merilis jaringan 6G ini pada tahun 2030 mendatang. Jadi, mari dinantikan bersama-sama ya.