Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 27 Agustus 2019 | 06:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - AMD produsen prosesor dan GPU untuk komputer, juga bersiap masuk ke pasar mobile. Perusahaan ini menyiapkan GPU baru untuk menyaingi Adreno di Snapdragon.

Pada Juni 2019 kemarin, AMD telah mengenalkan arsitektur GPU baru yang akhirnya menjadi Radeon RX 5700. Tak hanya itu, diketahui kalau AMD juga bersiap ke pasar mobile.

Mengutip Android Authority, dalam whitepaper terbaru microarsitektur RDNA untuk Radeon RX 5700 tersedia juga dalam desain rendah daya.

Belum lama kemarin, Samsung dan AMD juga telah sepakat dalam pengembangan GPU baru. Keduanya bekerja sama untuk GPU yang berbasis dari arsitektur NAVI.

Sayangnya, GPU baru ini belum akan diluncurkan sampai 2021 mendatang. Namun dapat diprediksi akan dipakai pada smartphone Samsung mendatang.

AMD sendiri membuat arsitektur RDNA mereka lebih fleksibel. Seperti NAVI yang juga dipakai untuk konsol game next-gen nanti.

Arsitektur ini juga tidak hanya berfokus pada performa saja. AMD juga melirik pada efisiensi daya hingga bandwith yang terbatas.

Ilustrasi keja sama Samsung dan AMD. (wccftech)

Efisiensi daya dan keterbatasan bandwith jadi faktor penting pada GPU smartphone. Dua bagian yang jadi perhatian AMD untuk arsitektur ini.

AMD menawarkan fleksibilitas dalam jumlah unit komputasi untuk membangun GPU baru. Sama seperti yang dilakukan Nvidia dengan CUDA core.

Berbeda dengan GPU dari ARM, Mali yang menghadirkan varian GPU tergantung pada kinerja yang dibutuhkan dan pemakaian daya.

Untuk saat ini, GPU AMD bukan yang paling rendah daya untuk pasar PC. Sehingga terlihat ambisi AMD ini sulit untuk direalisasikan.

Kita tunggu saja hasil kerja sama AMD dengan Samsung mengembangkan GPU baru untuk smartphone. Apakah benar bisa hemat daya dengan performa tinggi?

BACA SELANJUTNYA

Warna Baru Lebih Memukau, Samsung Galaxy A05s Light Violet Resmi Tiba