Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 01 September 2019 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Meski Nokia tidak masuk dalam lima besar produsen smartphone global terkait dengan jumlah pengiriman, mereka mampu mencetak prestasi lain. Riset dari Counterpoint mengungkapkan bahwa Nokia sebagai pemuncak global terkait dengan update software dan keamanan perangkat.

Perusahaan Finlandia itu meluncurkan smartphone pertama mereka dengan sistem operasi Android pada tahun 2017.

Sejak saat itu, mereka terus berupaya menyediakan update atau pembaruan software terbaik pada setiap smartphone yang sudah mereka luncurkan.

Counterpoint Research mengungkapkan bahwa hampir 96 persen dari smartphone Nokia yang dijual secara kumulatif sejak kuartal tiga 2018, saat ini sudah menerima update Android Pie.

Itu menjadikan Nokia sebagai produsen smartphone global tercepat yang mencapai level tersebut.

10 besar smartphone dengan update Android tercepat. (Counterpoint)

Direktur Riset Counterpoint Research, Peter Richardson menyebutkan bahwa sistem operasi dan update keamanan mendapatkan perhatian yang relatif kecil dari konsumen.

Namun ketika mereka menyadarinya, ketersediaan update keamanan beserta sistem operasinya membuat smartphone lebih relevan digunakan dalam rentang waktu yang lama.

Richardson juga menjelaskan bahwa kecepatan update keamanan dan sistem operasi tidak muncul di antara sepuluh fitur yang diinginkan menurut konsumen.

Dikutip dari Gizmochina, itu bisa terjadi karena kesadaran konsumen masih rendah dan banyak produsen yang tidak membicarakan atau menjadikan ini sebagai prioritas utama.

Nokia sebagai pemuncak pemberi update tercepat. (Counterpoint)

Hal yang mengejutkan adalah Samsung justru menempati posisi lima dengan perolehan 17 persen dalam hal pemberian update keamanan.

Meski dikenal sebagai produsen "Top Global" dalam hal penjualan, sepertinya Samsung masih tertinggal dalam hal penyediaan update.

Lenovo justru menempati posisi kedua dengan perolehan poin mencapai 93 persen .

Counterpoint menjelaskan bahwa tren ke depannya, konsumen sudah mulai menjaga smartphone mereka lebih lama.

Itu sangat penting bagi OEM untuk memperbarui model mereka agar tidak tergerus oleh kompetitor.

Meski Nokia tak terlalu bagus dalam hal penjualan global, setidaknya ini membuktikan bahwa mereka sangat peduli dalam "memanjakan" konsumen.

BACA SELANJUTNYA

Resmi Diluncurkan, Cek Apa Kelebihan Samsung Galaxy A55 5G dan Galaxy A35 5G