Kamis, 02 April 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 01 September 2019 | 18:30 WIB

Hitekno.com - Smartphone gaming paling dinanti, Asus ROG Phone 2 dipastikan akan resmi masuk ke Indonesia. Pasti jadi kabar gembira untuk para fans ROG.

Setelah lama menjadi rumor belaka, Asus akhirnya resmi mengkonfirmasi masuknya smartphone gaming paling garang saat ini ke Tanah Air.

Kepastian ini disampaikan langsung oleh Muhammad Firman, Head of Public Relation and E-Marketing Asus Indonesia. Ditemui selepas peluncuran ExpertBook di Jakarta, Kamis (29/8/2019, ia menyebut Asus ROG Phone 2 akan dirilis dalam waktu dekat.

"ROG Phone 2 dipastikan masuk Indonesia. Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan sih akhir Oktober bisa kami luncurkan di sini, bareng Zenfone 6," jelas Firman.

Untuk menghindari kejadian serupa dengan ROG Phone pertama yang tak kunjung sampai ke tangan konsumen, Firman memastikan bahwa ROG Phone 2 sudah memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan komposisi yang berbeda.

Pada ROG Phone, Asus menggunakan TKDN dari aspek software. Pada kenyataannya, prosesnya cukup rumit dan kompleks karena R&D Asus pusat harus 'tektokan' dengan tujuh developer lokal untuk memastikan aplikasi kompatibel dengan ponsel.

Namun di ROG Phone 2, Asus menyiasatinya dengan memperbanyak komponen hardware yang diracik di Tanah Air.

Asus ROG Phone 2. (Asus)

"Belajar dari sana ROG Phone 2 kembali ke TKDN hardware. Karena lebih memudahkan dari sisi kami dalam mengembangkan ponselnya. Cuma satu pihak saja, dari Asus pusat, pabrik dan pemasok komponen. Kalau TKDN software banyak banget yang harus bekerja sama hingga barang beredar," sambung Firman.

Terkait harga Asus ROG Phone 2 di Indonesia, kemungkinan akan lebih tinggi dari banderol di China. Sebab di Negeri Tirai Bambu, ponsel gaming ini dibundling dengan Tencent.

"Di China itu disubsidi oleh Tencent sehingga harganya bisa segitu murah. Harga di Indonesia kemungkinan sama dengan harga global," tandasnya.

Kita nantikan saja kapan resminya smartphone gaming Asus ROG Phone 2 ini resmi masuk Indonesia. (Suara.com/ Tivan Rahmat).