Rabu, 17 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 29 September 2019 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Laptop lemot memang sering terjadi, apalagi jika perangkat kita ini sudah berumur. Pasti menyebalkan buka laptop harus loading lama dulu.

Dari startup masuk ke sistem operasi lama, buka file lama, program jalan tersendat, dan masih banyak masalah laptop lemot lainnya.

Beli laptop baru memang langsung mengatasi masalah kelemotan ini. Namun sebelum buru-buru beli baru, kenapa tidak upayakan laptop lemot kamu jadi kencang lagi?

Kamu bisa membuat laptop lama kamu yang terasa lemot dan menghambat aktivitas kembali kencang seperti laptop baru lagi.

Bagaimana bisa? Tentu saja bisa, dengan sedikit upaya dan usaha untuk memperbaiki laptop kamu. Tapi tenang, tidak susah melakukannya.

Berikut ini, tim HiTekno.com kumpulkan lima tips membuat performa laptop lemot kamu jadi kencang.

1. Matikan Animasi Visual

Matikan efek animasi visual di sistem operasi. (HiTekno.com)

Animasi pada sistem operasi memang membuatnya lebih menarik dan tidak membosankan. Namun efek visual yang diberikan animasi ini membuat laptop lebih berat.

Coba matikan efek animasi visual yang ada di sistem operasi kamu. Selain membuat beban laptop jadi makin ringan, juga mempercepatnya juga.

2. Upgrade ke SSD

SSD WD Blue. (Western Digital)

Upgrade hard disk mekanikal kamu ke SSD akan membuat lompatan performa laptop lemot kamu. Karena SSD jauh lebih cepat dibanding hard disk mekanikal.

Harga SSD memang tak murah, namun performa yang kamu dapatkan sepadan kok. Selain membuat file dan folder jadi lebih cepat terbuka, aplikasi juga berjalan lebih cepat.

3. Bersihkan dari Virus, Malware, dan Spyware

Ilustrasi laptop kena virus. (Pixabay/geralt)

Pengguna Windows pasti tak asing dengan adanya software jahat seperti virus, malware, dan spyware. Program jahat ini akan memakan sebagian besar sumber daya laptop kamu.

Karena itu, pastikan antivirus kamu selalu update. Dan rajin-rajinlah melakukan scanning untuk membersihkan laptop dari virus dan teman-temannya ini.

4. Buang program tak terpakai

Ilustrasi laptop. (Pixabay/Rawpixel)

Coba buka lihat daftar aplikasi yang ter-instal di laptop kamu. Jika memang ada aplikasi yang tidak penting dan tak pernah terpakai, uninstall saja.

Secara tidak sadar, banyaknya aplikasi yang terpasang di laptop membuat file makin banyak. Selain memakan tempat, juga membuat beban lebih.

5. Singkirkan file tak penting dan tak terpakai

Ilustrasi Melihat Laptop. (Pakutaso)

Begitu juga dengan file-file tak penting dan tak terpakai. Mungkin kamu bisa memindahkan ke tempat lain, seperti hard disk eksternal jika tak mau menghapusnya.

Banyaknya file dalam sebuah folder akan mempengaruhi kecepatan membukanya. Juga berpotensi jadi tempat bersembunyi program-program jahat seperti virus.

Itulah tadi 5 tips membuat performa laptop lemot kamu jadi kencang. Langsung dicoba ya!

BACA SELANJUTNYA

5 Tips Push Rank Mobile Legends, Lancar Tembus Mythic