Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 01 Oktober 2019 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perangkat pengisian nirkabel untuk smartphone kini sudah banyak digunakan beberapa vendor smartphone. Meskipun, awalnya teknologi ini hanya disematkan pada berbagai perangkat premium. 

Keberadaan teknologi pengisian nirkabel telah memasuki satu dekade, sejak 2009 lalu. Baik LG, Samsung, atau Huawei, menggunakan teknologi ini untuk ponsel flagshipnya.

Bagaimanapun, pengisian nirkabel terasa seperti fitur overhyp pada smartphone. Sebagian besar disebabkan oleh kecepatan dari proses pengisian baterai, dibandingkan pengisian dengan kabel.

Lalu, sebenarnya apa manfaat dari pengisian daya nirkabel itu sendiri?

Kecepatan pengisian 10W terdapat pada seri Galaxy S9, Xiaomi Mi Mix 3, dan duo Google Pixel 3. Ini lebih cepat dari solusi pengisian nirkabel lama, tetapi mereka terlambat memulainya.

Namun, Xiaomi menaikkan kualitasnya dengan Mi 9, memberikan pengisian nirkabel 20W pada Februari lalu. Baru-baru ini, Huawei juga meningkatkan dengan pengisian daya induktif 27W untuk seri Mate 30.

Kebijakan konvensional mengatakan bahwa pengisian kabel akan selalu lebih cepat daripada pengisian nirkabel. Tapi sepertinya kita akhirnya sampai pada titik di mana pengisian tanpa kabel tidak dilihat dengan cara yang sama seperti pengisian melalui PC. Artinya, nirkabel tidak selalu menguntungkan jika dikaitkan dengan waktu.

Namun, solusi pengisian kawat gratis terbaru dari Huawei dan Xiaomi lebih cepat daripada solusi kabel dari banyak merek. Misalnya, Galaxy S10 menyajikan pengisian daya kabel 25W, sedangkan LG G8 dilaporkan memberikan pengisian daya 20W melalui kabel.

Samsung Galaxy S10. [Suara.com/Lintang Siltya Utami]

Produsen tidak hanya puas dengan pengisian nirkabel 20W, karena Xiaomi dan Oppo baru-baru ini mengumumkan solusi 30W. Sebagaimana dilansir dari laman Android Authority, Xiaomi Mi 9 Pro 5G menawarkan pengisian nirkabel 30W yang akan mengisi daya perangkat sepenuhnya dalam 69 menit.

Jika itu tidak cukup, Xiaomi mengonfirmasikan bahwa mereka juga menguji pengisian daya 40W. Hal ini menunjukkan bahwa pengisian nirkabel yang lebih cepat lagi akan dilakukan pada akhir 2019 atau awal 2020.

Tidak mau ketinggalan, Huawei, Xiaomi, dan Oppo pun akan mendorong produsen lain untuk meningkatkan kecepatan pengisian. Dengan kata lain, sepertinya kita satu langkah lebih dekat ke dunia di mana bantalan pengisi daya tidak membuat kita tertambat di tempat pertama.(Suara.com/Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Walau Sepi Peminat, Sony Tetap Pede Jualan Smartphone