Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 16 Oktober 2019 | 14:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Smartphone baru Realme XT dipastikan akan resmi masuk ke Indonesia. Karena hype yang tinggi, ada kemungkinan jadi smartphone ghoib.

Karena permintaan tinggi, pastinya ketersediaan stok Realme XT bisa jadi masalah. Tidak menutup kemungkinan smartphone baru ini jadi langka di pasaran.

Ketersediaan stok memang masih jadi salah satu masalah mendasar yang menghantui. Dengan tingginya permintaan smartphone dari pelanggan, kemungkinan vendor bakal menghadapi beragam tantangan.

Salah satu fenomena pasar yang pernah terjadi adalah situasi ghoib alias kekurangan pasokan suatu produk.

Sejumlah merek smartphone mengalami situasi ini di pasar nyata. Contohnya saja, Redmi Note 5 dan Note 7 milik Xiaomi sempat menjadi barang langka alias smartphone ghoib di pasar Indonesia.

Logisnya, hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa alasan, misalnya karena permintaan akan suatu produk yang sangat tinggi sehingga kapasitas pabrik tidak mampu mengimbangi.

Dampaknya, fenomena ini juga kerap dimanfaatkan oleh tengkulak, karena mereka membeli sangat banyak unit yang menyebabkan kekurangan stok di pasar.

Realme XT varian Pearl White. (Realme India)

Di momen inilah mereka dapat menjual unit yang telah mereka kumpulkan dengan harga yang melambung lebih tinggi daripada harga resmi saat pertama kali diluncurkan.

Tantangan seperti ini juga bakal dialami oleh Realme yang akan merilis smartphone baru mereka, Realme XT, pada pekan depan.

Realme yang baru-baru ini merayakan tahun pertama operasinya di Indonesia ini dikenal dengan strategi jualannya yang kerap menggelar flash sale di beberapa situs ecommerce.

Selama satu tahun, Realme nyaris tidak pernah mengalami atau diberi label sebagai merek "ghoib" dari konsumen, meskipun saat ini mereka sudah menjual 10 model smartphonenya di Tanah Air.

Sumber internal Realme mengatakan kepada Suara.com, Rabu (16/10/2019), rahasia untuk menjaga ketersediaan suatu produk sesungguhnya terletak di kepemilikan peraturan yang ketat untuk para mitra dealer.

Realme XT varian Pearl Blue. (Realme India)

"Mereka (distributor) tidak bisa menjual dengan harga lebih tinggi dari SRP. Jika ada pelanggaran, Realme memiliki hak untuk berhenti menyediakan stok kepada mereka," ujarnya.

Dengan komunikasi yang intensif antara Realme dengan para pemangku kepentingan, smartphone China itu optimis bahwa Realme XT yang membawa kamera 64 MP ini tidak akan menjadi smartphone ghoib. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Realme: Lensa Telefoto Periskop Jadi Tren Baru Fotografi Smartphone