Kamis, 12 Desember 2019
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Sabtu, 19 Oktober 2019 | 18:15 WIB

Hitekno.com - Pengguna WhatsApp yang sengaja mematikan centang biru di aplikasinya terkadang membuat penasaran dan bertanya-tanya, apakah chat WhatsApp tersebut sudah dibaca atau tidak.

Alasan para pengguna WhatsApp ini untuk mematikan centang biru di aplikasinya bisa saja karena pengguna ini tidak ingin lawan bercakapnya mengetahui bahwa dirinya sudah membaca pesan yang dikirimkan.

Atau dengan alasan lain, bisa saja pengguna WhatsApp ini ingin lebih misterius dan aktivitasnya tidak mudah terdeteksi saat menggunakan aplikasi pesan singkat ini.

Terlepas dari apapun alasannya, terkadang pengguna WhatsApp yang satu ini membuatmu resah saat sedang mengirimkan pesan penting yang tidak kunjung dibalas.

Kalau sudah begini, rasanya ingin segera mengetahui apakah pengguna WhatsApp ini sudah membaca chat tersebut atau belum.

Untuk mengetahui apakah chat WhatsApp sudah dibaca atau tidak meski centang biru dimatikan, berikut ikut tips dari HiTekno berikut ini ya.

1. Melalui pesan suara

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah pengguna WhatsApp dengan centang biru dimatikan ini sudah membaca chat kamu atau belum adalah dengan mengirimkan pesan suara.

Untuk pengguna WhatsApp yang mematikan centang biru, menerima chat biasa memang akan membuat centang di aplikasi akan tetap berwarna abu-abu.

Melalui pesan suara. (HiTekno)

Namun, berbeda saat menerima pesan suara, centang di WhatsApp akan berubah menjadi biru saat rekaman suara tersebut dimainkan.

Jadi, saat rekanmu tidak juga membalas chat WhatsApp yang kamu kirimkan, coba untuk kirim pesan suara ke WhatsApp tersebut ya. Jika pesan suaramu didengarkan olehnya, fix, chat WhatsApp kamu memang sengaja ia abaikan.

2. Melalui pesan di grup

Mematikan centang biru memang berlaku untuk chat pribadi, namun tidak untuk chat grup. Semua pesan yang dikirimkan di grup WhatsApp akan tetap memberi informasi mengenai kapan chat tersebut terkirim dan terbaca.

Jadi, saat chat kamu tidak kunjung dibalas oleh temanmu, pergi ke grup di mana kamu dan dirinya tergabung, lalu kirimkan pesan di grup tersebut.

Melalui pesan di grup. (HiTekno)

Saat temanmu membaca pesan tersebut, informasi mengenai kapan pesan tersebut dibaca dan diterima akan kamu ketahui melalui fitur 'info' di WhatsApp.

Sekali lagi, jika dirinya membaca chat kamu di grup WhatsApp dan tidak membalas chat pribadimu, dapat dipastikan bahwa ia sengaja mengabaikanmu ya. Jangan sedih.

Itu tadi dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah chat WhatsApp dibaca atau tidak meski centang biru dimatikan. Kamu mau coba yang mana?