Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 22 Oktober 2019 | 13:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tidak sengaja menghapus chat WhatsApp yang terhapus tentu membuat siapa saja panik. Namun, sudah tidak perlu panik, coba tips berikut ini untuk dapat kembalikan chat WhatsApp yang terhapus.

Mungkin bukan masalah besar jika chat yang kamu terima tidaklah terlalu penting. Beda cerita jika chat tersebut berisi hal penting yang tidak bisa kamu abaikan pesannya.

Namun, perlu diingat, mengembalikan chat WhatsApp yang sudah terhapus tanpa melakukan beberapa cara berikut ini sebelumnya tentu sangat mustahil.

Beberapa cara berikut ini bisa kamu lakukan sebagai usaha untuk menghindari kejadian tidak sengaja menghapus chat WhatsApp. Kalau penasaran, simak step-by-step berikut ini ya.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk kembalikan chat WhatsApp yang terhapus adalah dengan mengaktifkan fitur backup di aplikasi WhatsApp.

Saat ini, WhatsApp sudah menyediakan fitur backup otomatis ke Google Drive yang memungkinkan penggunanya untuk langsung melakukan backup dengan mudah.

Untuk mengaktifkannya, langsung masuk ke WhatsApp, lalu ke 'Settings' yang ditandai dengan titik tiga yang berada di pojok kanan tampilan WhatsApp.

WhatsApp di iPhone (kiri), WhatsApp di Android (kanan) (HiTekno,com)

Selanjutnya, masuk ke 'Chats', lalu ke 'Chat Backup', pilih 'Backup to Google Drive'.

WhatsApp di iPhone (kiri), WhatsApp di Android (kanan) (HiTekno,com)

Jangan lupa untuk memilih jangka waktu yang dibutuhkan untuk melakukan backup. WhatsApp menyediakan 3 pilihan yaitu harian, mingguan, dan bulanan.

Jika kamu cukup teledor hingga sering tidak sengaja menghapus chat, lebih baik pilih fitur backup harian atau daily ya.

WhatsApp di iPhone (kiri), WhatsApp di Android (kanan) (HiTekno,com)

Biasanya, kamu akan diminta untuk memilih akun Google yang digunakan untuk backup. Selain itu, jaringan yang digunakan saat backup juga perlu untuk kamu pilih. Sebagai saran, pilih backup dengan jaringan WiFi, agar kuota internet kamu ga cepat habis.

Kalau sudah melakukan backup secara rutin, saat ada chat yang terhapus, kamu tidak perlu panik. Tinggal melakukan restore data, dan chat terhapus ini akan kembali seperti semula. Langsung dicoba ya tips ini.

BACA SELANJUTNYA

Dorong Pertumbuhan Bisnis Messaging, ADA Memperkuat Kemitraan Strategis dengan Meta