Kamis, 02 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 23 Oktober 2019 | 13:45 WIB

Hitekno.com - Berbicara mengenai tren smartphone sepertinya tidak ada habisnya. Setelah poni dan kamera pop-up, Samsung berencana untuk segera merilis smartphone dengan kamera di bawah layar di tahun 2020 mendatang. Apa perangkat ini bisa menjadi tren baru?

Rencana Samsung untuk merilis smartphone dengan kamera di bawah layar ini bisa jadi merupakan rencana perusahaan asal Korea Selatan ini untuk menciptakan perangkat dengan layar yang lebih lapang.

Beberapa perusahaan smartphone bahkan menciptakan kamera pop-up, lubang kamera di layar, hingga kamera berputar dengan tujuan untuk menjadikan layar perangkat menjadi lebih luas.

Dikutip dari Digital Trends, Samsung menjadi salah satu vendor smartphone yang sedang memulai untuk menggunakan teknologi kamera di bawah layar atau under display camer (UDC).

Diduga kuat, Samsung berusaha untuk menciptakan bagian transparan di layar yang bertugas untuk menjadi tempat kamera selfie.

Nantinya, saat digunakan secara normal, kamera ini akan menyatu dengan layar yang berada di sekelilingnya.

Saat layar dalam kondisi mati, cahaya akan melewati bagian lubang dan membuat lokasi kamera menjadi terungkap.

Ilustrasi Samsung. (pixabay/krapalm)

Konsep kamera seperti ini merupakan cara kerja Hole In Active Area (HIAA2) yang merupakan teknologi anyar ciptaan Samsung.

Berdasarkan rencana, smartphone yang rilis dengan UDC ini akan segera diperkenalkan pada tahun 2020 mendatang. Tidak jelas kapan perangkat ini akan dirilis oleh Samsung namun mari bersabar ya.

Hingga kini, masih belum diketahui kapan Samsung akan memakai teknologi kamera di bawah layar ini pada seri perangkat yang mana.

BACA SELANJUTNYA

Bagaimana Cara Membuat Konten Sinematik dengan Samsung Galaxy S24 Series