Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 29 Oktober 2019 | 13:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Untuk kamu pengguna iPhone 5, Apple meminta untuk segera update sistem operasi perangkat kamu. Pasalnya perusahaan yang dipimpim Tim Cook ini sudah bersiap memblokir layanannya.

Seperti diketahui, meski iPhone 11 sudah ada namun masih banyak yang memakai iPhone lama. Termasuk iPhone 5 masih banyak digunakan.

Sama seperti smartphone pada umumnya mengandalkan email dan bergantung dengan penelusuran internet. Bahkan, beberapa orang mungkin menggunakan App Store atau iCloud dari waktu ke waktu.

Sedihnya, semua layanan modern tersebut akan diblokir bagi para pengguna iPhone 5. Kecuali, mereka menginstal versi terbaru dari sistem operasi iOS Apple.

Update diperlukan untuk mengatasi masalah yang disebut Masalah Waktu Rollover GPS. Hal ini merupakan masalah dengan tanggal yang digunakan dalam layanan penentuan posisi global GPS.

GPS diberdayakan oleh sistem yang menghitung minggu menggunakan angka biner. Ketika mencapai akhir minggu nomor 1023, itu harus direset kembali ke nol daripada awal minggu nomor 1024.

Roll over ini terjadi setiap 19,7 tahun. Pertama terjadi pada 1999 dan kedua pada malam hari antara 6 April dan 7 April 2019.

iPhone 5. (Apple)

Update iOS Apple menggabungkan pengaturan waktu ini. Tanpa itu, layanan yang bergantung pada tanggal dan waktu yang akurat tidak akan berfungsi lagi.

"Perbarui iPhone 5 Anda untuk terus bisa menggunakan App Store, iCloud, email, web, dan layanan lainnya," tulis Apple sebagaimana dilansir laman Metro.uk.

Mulai sebelum pukul 12:00 pagi UTC pada 3 November 2019, ditambahkan, iPhone 5 akan memerlukan update iOS untuk menjaga lokasi GPS yang akurat.

Selain itu, juga untuk terus menggunakan fungsi yang mengandalkan tanggal dan waktu yang benar termasuk App Store, iCloud, email, dan penelusuran web.

"Ini disebabkan oleh masalah perpanjangan waktu GPS yang mulai memengaruhi produk yang mendukung GPS dari produsen lain pada 6 April 2019. Perangkat Apple yang tidak terpengaruh adalah yang melakukan pembaharuan hingga sebelum pukul 12:00 pagi UTC pada 3 November 2019," pesan Apple.

Ilustrasi GPS di ponsel pintar. [Shutterstock]

Apple menyarankan kepada pemilik iPhone 5 untuk segera melakukan update pada sistem operasi iOS di smartphone miliknya.

Update perangkat lunak bisa dilakukan secara nirkabel atau menggunakan komputer sebelum 3 November 2019 untuk mempertahankan lokasi GPS yang akurat, serta untuk terus menggunakan fungsi yang mengandalkan tanggal dan waktu yang benar termasuk App Store, iCloud, email, dan penjelajahan web.

"Jika update ke iPhone 5 tidak selesai pada 3 November 2019, Anda akan diminta untuk mencadangkan dan memulihkan menggunakan Mac atau PC untuk memperbarui karena update perangkat lunak over-the-air dan iCloud Backup tidak akan berfungsi," pesan Apple.

Jika kamu masih memakai iPhone 5 sampai sekarang, lebih baik segera update iOS kamu sebelum kena blokir Apple. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Headset VR Anyar, Layar Apple Vision Pro Bawa Refresh Rate 90Hz